Telkomsel Gelar CSR Baktiku Negeriku di Bangun Rejo Kukar

0
358

Kabargupas.com, SAMARINDA – Berkomitmen mendukung pembangunan Indonesia melalui teknologi, Telkomsel konsisten menghadirkan program-program berbasis digital hingga ke wilayah pelosok. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) diberi nama Baktiku Negeriku (BN) yang telah hadir sejak 2017 dan pada 4 -5 Maret 2020 kegiatan ini hadir di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Baktiku Negeriku yang digelar selama 2 hari dipusatkan di Kantor Desa Bagun Rejo melibatkan berbagai unsur masyarakat yang ada di Desa Bangun Rejo seperti Ibu Ibu PKK, Pemuda Karang Taruna, Gapoktani dan Bumdes ini dibuka oleh General Manager Consumer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo dan Kepala Desa Bangun Rejo Suprapto serta perwakilan dari Kecamatan Tenggarong Seberang.

General Manager Consumer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo mengatakn, sebagai perusahaan yang beroperasi dekat dengan masyarakat, Telkomsel ingin terus berbuat dan memberikan manfaat lebih kepada lingkungannya.

“Program CSR Baktiku Negeriku merupakan wujud nyata dukungan Telkomsel dalam mengembangkan potensi masyarakat khususnya di Desa Bangunrejo Tenggarong Kutai Kartanegara ini,” kata Ismu, Kamis (05/03/2020).

Lebih lanjut Ismu Widodo menyampaikan pihaknya melihat banyak hal yang bisa dikembangkan di Desa Bangun Rejo di era digital saat ini sebagai desa yang memiliki berbagai potensi pertanian seperti padi, lombok, jagung dan Palawija, serta potensi lainnya dari peternakan, perikanan dan pariwisata.

“Apalagi Desa Bangun Rejo terpilih sebagai salah satu desa percontohan di Kecamatan Tenggarong Seberang. Untuk itulah kami hadir disini agar kami bisa membantu masyarakat yang ada di Desa ini melalui pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang harapannya dapat meningkatkan daya kompetisi masyarakat sehingga dapat berkontribusi nyata dan positif terutama dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Menurut Ismu, rangkaian kegiatan Baktiku Negeriku juga diisi dengan materi penggunaan aplikasi Baktiku Negeriku, digital payment berupa pelatihan kepada masyarakat mengenai payment & data menggunakan LinkAja, cara memanfaatkan LinkAja sebagai digital payment di desa, serta e-commerce edukasi penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Rego Pantes.

“Berbagai materi tentang peningkatan kesejahteraan petani melalui management digital yang melingkupi emphatize, define, ideate, dan prototype juga disampaikan sebagai upaya mengedukasi masyarakat Bangun Rejo,” tambahnya.

Dilaksanakannya kegiatan CSR Baktiku Negeriku Telkomsel ini mendapat sambutan positif dari Camat Tenggarong Seberang

Kepala Desa Bangun Rejo Suprapto menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran CSR Telkomsel di Desa Bangun Menurutnya, acara ini merupakan berkah dari Tuhan buat desa dan juga buat seluruh masyarakat yang ada di wilayah Bangun Rejo.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada, khususnya para generasi muda, para Gapoktani, Bumdes dan Ibu -Ibu PKK untuk bisa memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini sebaik baiknya demi kesejahteraan dan kemajuan desa tercinta kita dengan mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi saat ini,” kata Suprapto.

Rangkaian kegiatan Baktiku Negeriku selain diisi dengan berbagai pelatihan yang akan membuka wawasan masyarakat untuk mengenal teknologi pertanian, perikatan yang sudah banyak dikembangkan, juga konsep pertanian cerdas, hingga sistem penjualan yang sudah harus lebih efisien dan menjangkau lebih banyak kawasan juga dilakukan pemberian bantuan Digital Center, pemilihan Agent of Change (AOC) dan pemberian bantuan pupuk dan bibit kepada masyarakat.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here