MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Tanggapan Suriani dan Subari

0
272

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dibatalkannya kenaikan iuran BPJS Kesehatan oleh Mahkamah Agung (MA) karena dianggap memberatkan masyarakat serta bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 mendapat sambutan positif dari anggota DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Suriani mengatakan, pihaknya bersyukur dan menyambut gembira diputuskannya pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan oleh MA tersebut.

“Keputusan yang diambil MA sangat membantu masyarakat Indonesia, khususnya warga dari kalangan menengah ke bawah di Kota Beriman, Balikpapan,” kata Suriani saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (10/03/2020).

Akibat kenaikan iuran BPJS Kesehatan itu, banyak peserta kelas 1 dan 2 beralih ke kelas 3, karena kenaikan iuran tersebut sangat memberatkan, terlebih bagi peserta dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Suriani berharap, dibatalkannya kenaikan iuran BPJS Kesehatan oleh MA dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah, agar iuran BPJS Kesehatan kembali ke tarif awal.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan yang juga Koordinator Komisi IV DPRD Balikpapan, Subari.

“Saat ini, Komisi IV DPRD Balikpapan tengah berupaya membantu masyarakat, khususnya peserta BPJS Kesehatan kelas 3 dari keluarga miskin dapat masuk ke program Penerima Bantuan Iuran alias PBI,” ungkap Suriani.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada MA yang telah membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut.

Adanya putusan MA itu, tutur Subari, maka iuran BPJS Kesehatan kembali ke semula yakni Rp25.500 untuk kelas 3, Rp51.000 untuk kelas 2 dan Rp80.000 untuk kelas 1.

“Fraksi Partai Keadilan Sejahtera PKS mulai dari daerah hingga pusat semua menolak, dan memperjuangkan agar iuran BPJS Kesehatan tidak dinaikkan, karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Subari.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here