Cegah Virus Corona, Kantor DPRD Balikpapan Disemprot Disinfektan

0
305

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan Kantor DPRD Balikpapan, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Kamis (19/03/2020).

Penyemprotan disinfektan ini sesuai permintaan Sekretariat DPRD Balikpapan sebagai upaya pencegahan paparan virus Corona yang berasal dari Wuhan, China tersebut kepada anggota DPRD Balikpapan, maupun pegawai dan staf Sekretariat DPRD Balikpapan.

Dalam kegiatan ini, dua petugasĀ  BPBD Balikpapan dengan pakaian khusus serta alat penyemprot disinfektan didampingi asisten masing-masing langsung menyisir seluruh ruangan yang ada di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Ruangan yang menjadi sasaran penyemprotan dimulai dari ruang Ketua DPRD Balikpapan, ruang Sekwan dan staf, ruang rapat gabungan, ruang fraksi, ruang komisi hingga toilet maupun teras dan panel pintu yang kerap di pegang oleh masyarakat.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Balikpapan Makmur mengatakan, sesuai interuksi Wali Kota Balikpapan tentang pencegahan penyebaran virus Corona di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Sekretariat DPRD Balikpapan juga melakukan menyemprotkan cairan desinfektan di seluruh ruangan di Kantor DPRD Balikpapan.

“Sesuai interuksi Wali Kota Balikpapan untuk menjaga masing-masing OPD, maka penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona juga dilakukan Sekretariat DPRD Balikpapan di seluruh ruangan Kantor DPRD Balikpapan,” kata Makmur saat ditemui wartawan.

Anggota Komisi I DPRD Balikpapan Andi Arif Agung (tengah) menyaksikan penyemprotan disinfektan di ruang Komisi I DPRD Balikpapan, Kamis (19/03/2020).

Dia menambahkan, penyemprotan dilakukan setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Sekwan DPRD Balikpapan bekerjasama dengan BPBD Balikpapan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan tersebut.

“Dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan ini bertujuan untuk menghindari mewabahnya virus Corona serta berbagai macam penyakit lainnya, khususnya di Sekretariat DPRD Balikpapan,” tambah Makmur.

Penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan, termasuk ruang komisi-komisi, tambah Makmur, dipastikan tidak mengganggu aktivitas anggota DPRD yang sedang menjalankan tugas.

“Penyemprotan di ruang komisi-komisi dipastikan tidak mengganggu aktivitas anggota DPRD Balikpapan yang tengah menjalankan tugasnya. Mereka memaklumi karena penyemprotan dilakukan untuk melindungi anggota DPRD dari virus Corona maupun virus dan wabah penyakit lainnya,” jelas Makmur.

Penyemprotan cairan desinfektan oleh BPBD Balikpapan mendapat tanggapan positif dari anggota DPRD Balikpapan.

Anggota DPRD Balikpapan yang juga Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Andi Arif Agung menyambut baik penyemprotan disinfektan ini karena dapat mencegah penyebaran virus Corona yang lagi marak.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Balikpapan Makmur.

“Kita apresiasi lah langkah Pemerintah Kota Balikpapan dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona ini dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di ruang-ruang publik, salah satunya di kantor DPRD Balikpapan,” kata Andi Arif Agung.

Pihaknya berharap, dengan penyemprotan disinfektan ini dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona dan dilakukan di seluruh Balikpapan serta dilaksanakan secara berkala.

“Penyemprotan disinfektan ini hendaknya dilakukan tidak satu waktu saja atau satu momen saja tetapi dilakukan secara berkala yakni tiga hari sekali atau dua hari sekali,” tambah Andi Arif Agung.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Balikpapan Usman Ali mengatakan, sesuai permintaan dari Sekretariat DPRD Balikpapan, pihaknya melakukan penyemprotan cairan desinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona yang saat ini semakin meresahkan masyarakat.

“Sesuai permintaan Sekretariat DPRD Balikpapan maka kita lakukan pencegahan penyebaran virus Corona dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh ruangan di Kantor DPRD Balikpapan,” ujar Usman.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here