Disinfektan Langka, Warga Bisa Manfaatkan Bahan Ini

0
478

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang kini melanda tanah air, menyebabkan cairan desinfektan yang dijual di pasaran Balikpapan semakin sulit didapat.

Bahkan, cairan desinfektan yang digunakan dalam pencegahan penyebaran virus Corona ini, di Kota Minyak tampaknya semakin langka.

Namun, ada cairan alternatif pengganti disinfektan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan cairan pembersih lantai berupa Wipol atau pemutih pakaian yakni Bayclin. Dengan takaran yang sesuai, maka cairan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pencegahan penyebaran virus maupun kuman dan bakteri lainnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Balikpapan Usman Ali mengatakan, sejak mewabahnya virus Corona di tanah air hingga ke daerah, termasuk di Balikpapan, cairan desinfektan saat ini semakin sulit didapat.

“Padahal, cairan desinfektan tersebut sangat penting pemanfaatannya untuk mencegah penyebaran virus Corona yang kini makin meresahkan,” kata Usman saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Balikpapan, Kamis (19/03/2020).

Namun, tambah Usman, warga tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan cairan desinfektan tersebut. Ada alternatif pengganti cairan desinfektan yang dapat dibuat sendiri, yakni dengan mencampurkan cairan tertentu, termasuk air.

“Memang disinfektan ini agak sulit didapat di luaran. Tapi, sebenarnya ada persamaan untuk menciptakan cairan desinfektan tersebut, yakni bisa menggunakan Wipol atau Bayclin,” terang Usman.

Menurut Usman, cara membuat cairan persamaan disinfektan cukup mudah. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendapatkan bahan-bahan utamanya yakni Wipol atau Bayclin.

“Satu liter air yang sudah ditempatkan dalam wadah, kemudian dicampur dengan dua sendok makan Wipol atau Bayclin lalu diaduk rata. Setelah tercampur rata, kemudian cairan persamaan disinfektan ini dapat digunakan,” tambah Usman.

Jadi, tutur Usman, masyarakat bisa membuat sendiri campur persamaan cairan desinfektan ini di rumah. Jika sudah dicampurkan, kemudian bisa disiramkan untuk halaman rumah, tempat-tempat yang sekiranya bekas orang berkumpul, atau indikasi adanya kuman.

“Masyarakat bisa membeli bahan-bahannya lalu membuat sendiri di rumah dan memanfaatkan untuk mencegah penyebaran virus atau kuman-kuman lainnya,” pungkasnya.

Ini cara pembuatan cairan desinfektan:

Bahan:
Pembersih lantai berupa
* Wilpol
* Bayclin
* Air
* Pewangi cucian

Cara membuat:
Campurkan 1 liter air yang sudah di dalam wadah khusus dengan 2 sendok makan cairan Wilpol atau Bayclin. Kemudian diaduk hingga merata, ditambahkan pewangi agar cairan mengeluarkan aroma wangi, lalu disiramkan ke tempat-tempat yang dicurigai terdapat banyak kuman, virus atau pun bakteri berbahaya. (sumber: BPBD Balikpapan)

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here