Satu Warga Balikpapan Positif Virus Corona, Wali Kota Tetapkan Status KLB

0
585

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Penetapan status kejadian luar biasa (KLB) virus Corona disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai rapat koordinasi Muspida Balikpapan di VIP Kantor Wali Kota Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (19/03/2020) malam.

Penetapan status KLB oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan ini setelah diketahui seorang warga Balikpapan dinyatakan positif terpapar virus Corona (Covid-19).

“Atas nama pemerintah kota Balikpapan, saya menyatakan bahwa Balikpapan saat ini dalam status KLB Covid-19,” kata Rizal Effendi dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Pemkot Balikpapan.

Dia menambahkan, satu warga Balikpapan yang positif terjangkit virus Corona kepastiannya didapat setelah adanya konfirmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, maupun dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Selain satu warga Balikpapan, tambah Rizal, juga ada dua warga Kaltim yang terjangkit virus Corona tersebut yakni satu warga asal Tenggarong, Kutai Kartanegara dan satu warga Samarinda.

Suasana rapat koordinasi yang digelar Wali Kota Balikpapan dalam rangka penegasan jumlah warga yang positif terjangkit virus Corona.

“Total ada 3 orang di Kaltim yang positif terjangkit virus Corona, 1 warga Balikpapan dan dua lainnya adalah warga Kutai Kartanegara dan Samarinda. Itu yang kami terima dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kaltim,” tambah Rizal.

Menurut Rizal, satu warga Balikpapan yang positif virus Corona tidak bisa dibeberkan identitasnya karena menjaga dan menghormati hak pasien dan keluarganya. Namun, warga Balikpapan yang terjangkit virus Corona ini merupakan orang yang satu rombongan dengan pasien yang di Bogor, Solo dan Samarinda.

“Terkait identitas warga yang positif virus Corona ini tidak bisa kita beberkan ke publik karena berbagai pertimbangan. Yang jelas, informasi dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kaltim bahwa satu pasien tambahan yang ditangani RSKD Balikpapan dinyatakan positif terpapar virus Corona,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Rizal Effendi dalam jumpa pers ini adalah Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Kapolresta Balikpapan KBP Turmudi, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Dandim 0905 Balikpapan, Kepala DKK Balikpapan, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta lainnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here