Cegah Covid-19, Satpol PP Bagikan Surat Edaran THM Tutup Sementara

0
437

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan membagikan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan tentang penutupan sementara kegiatan usaha dan kegiatan yang mengundang banyak orang dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kota Beriman, Minggu (22/03/2020).

Pembagian surat edaran Wali Kota Balikpapan itu disampaikan Satpol PP Balikpapan langsung kepada pelaku usaha hiburan, diantaranya Tempat Hiburan Malam (THM), tempat bermain bola sodok (biliar), Panti Pijat dan Panti Kebugaran, Restauran, warung makan serta lainnya.

Kepala Satpol PP Balikpapan, Zulkifli didampingi Petugas PPNS Satpol PP Balikpapan, Suprapto mengatakan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Balikpapan, pihaknya membagikan Surat Edaran tentang penutupan sementara kegiatan usaha THM dan kegiatan usaha lainnya yang mengundang banyak orang.

“Sesuai Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor: 300.2/0283/pem tentang Penutupan dan Pengaturan Sementara Kegiatan Usaha Hiburan dan Kegiatan atau Usaha yang Menjadikan Berkumpulnya Massa Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Wabah Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Balikpapan, maka kami bagikan surat edaran ini untuk dipatuhi,” kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, hal itu dilakukan dalam rangka Kewaspadaan, Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran Wabah Virus Corona Virus Disease (COVID-19), yang secara nyata saat ini Kota Balikpapan merupakan Daerah terjangkit dimana terdapat kasus positif COVlD-19 sebanyak 6 orang, kasus obervasi di Rumah (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 249 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan di Rumah Sakit sebanyak 18 orang.

Surat edaran ini diantaranya meminta menutup sementara semua jenis kegiatan usaha hiburan seperti Pub, Bar, Karaoke dan/atau kegiatan usaha yang menyediakan hiburan live Musik/Musik, termasuk Pub/Bar yang berada di area Hotel, Arena Bola Sodok (Billiard), dan Panti Pijat/Panti Kebugaran, serta Bioskop, Layanan WiFi.id Telkom dan Warnet.

“Penutupan sementara kegiatan usaha hiburan ini diberlakukan mulai 22 Maret hingga 5 April 2020 mendatang,” tambah Zulkifli.

Dia menambahkan, untuk unit usaha restoran atau rumah makan, Café/Angkringan agar mengutamakan pelayanan secara kemasan dibawa pulang (take away).

“Kami minta masyarakat tidak mendatangl tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, lusat kuliner atau kawasan PKL, kecuali untuk keperluan belanja bahan makanan secukupnya atau belanja obat-obatan,” terangnya.

Lebih lanjut, tambah Zulkifli, Pemerintah Kota bersama antansi terkait, akan melakukan pengawasan dan pengendalian secara tegas terhadap pemberlakuan Surat Edaran ini.

“Pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana tersebut di atas, akan dikenakan sanksi administrasi dan atau sanksi pidana sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here