PMI Balikpapan Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 13 Sekolah

0
368

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan sekolah, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Balikpapan melangsungkan penyemprotan cairan disinfektan ke-13 sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah Kecamatan Balikpapan Selatan, Senin (23/03/2020).

Penyemprotan dilaksanakan dengan pembagian 3 tim masing-masing tim mendapatkan bagian 4-5 sekolah. Sekitar 20 TSR (Tenaga Sukarelawan) tergabung dalam kegiatan ini. Dikoordinir langsung PMI Kecamatan Balikpapan Selatan. 

Selain itu, bantuan lima petugas TNI/Polri di BKO kan langsung dari Kodim 0905 Balikpapan, dan pihak Babinkamtibmas wilayah Balikpapan Selatan. 

Penyemprotan cairan disinfektan dimulai dari SMP Negeri 5 Balikpapan Selatan, dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kadisdik Balikpapan Muhaimin, Kepala BPBD Balikpapan Suseno, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, dan Ketua PMI Kota Balikpapan Dyah Muryani. 

Walikota Balikpapan Rizal Effendi memulai penyemprotan disinfektan di SMP Negeri 5 ini, petanda dimulainya kegiatan penyemprotan disinfektan di sekolah-sekolah di enam kecamatan Balikpapan. 

Rizal Effendi mengapresiasi kegiatan dilaksanakan PMI Balikpapan dengan penyemprotan ke sekolah-sekolah khususnya, dibawah naungan Pemkot Balikpapan, ditingkat SDN dan SMPN serta beberapa sekolah swasta lainnya. 

Dalam kesempatan ini Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau masyarakat Balikpapan, agar tetap taat dengan edaran pemerintah, dengan mengurangi kegiatan di luar rumah dan menjaga jarak social distancing.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (tengah) memberikan arahan sebelum pelaksanaan penyemprotan disinfektan di salah satu sekolah.

“Kami harapkan imbauan untuk tetap di rumah dan tidak keluar rumah tetap ditaati. Ini demi memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona yang lagi mewabah di Balikpapan,” kata Rizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, penyemprotan disinfektan ini merupakan bantuan dari PMI Balikpapan, bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan.

Dia menambahkan, dengan dilakukannya penyemprotan ini pihaknya berharap dapat memutus mata rantai penularan virus corona.

“Tadi Bapak Walikota berpesan hati-hati jika mencampur dan mengoplos, karena ini bahan kimia jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Kami juga mengucapkan terimakasih atas bantuan PMI dan Dinas terkait, untuk melakukan penyemprotan disinfektan ini,” kata Andi Sri Juliarty.

Senada, Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani menambahkan, penyemprotan disinfektan ini adalah bentuk bakti sosial yang dilakukan PMI Balikpapan untuk masyarakat, khususnya untuk sekolah.

“Penyemprotan ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona, di lingkungan sekolah, khususnya SD dan SMP. Penyemprotan diharapkan dapat memutus rantai penularan virus corona, dan anak-anak dapat bersekolah seperti biasa,” harap Dyah.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here