Reses Kamaruddin, Tampung Aspirasi Warga Lewat WA dan Usulan Tertulis

0
367

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Anggota DPRD Balikpapan dari Partai Nasdem H. Kamaruddin “Aco” Ibrahim melaksanakan Reses Masa Persidangan Pertama Tahun 2020 di wilayah Kelurahan Baru Ulu dan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Selasa (24/03/2020).

Reses kali ini sangat berbeda dari reses tahun sebelumnya, karena digelar di tengah rasa keprihatinan mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang melanda Kota Beriman.

Anggota DPRD Balikpapan H. Kamaruddin “Aco” Ibrahim mengatakan, kegiatan reses kali ini agak berbeda dari reses sebelumnya karena situasi darurat akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19).

Sehingga, pola kegiatan reses anggota DPRD Balikpapan disarankan untuk menggunakan media online, tidak bertatap muka langsung dengan masyarakat.

“Hal itu dilakukan agar masyarakat, khususnya para Ketua RT di lingkungan Balikpapan Barat maupun anggota DPRD Balikpapan terhindar dari paparan virus Corona,” kata Kamaruddin saat ditemui Kabargupas.com di Gedung Arwana Balikpapan.

Oleh karena itu, tambah Wakil Rakyat dapil Balikpapan Barat ini, pihaknya melaksanakan reses masa persidangan pertama tahun 2020 dengan melakukan kombinasi kegiatan, baik melalui pesan singkat WhatsApp (WA), maupun dengan cara menyampaikan usulan secara tertulis.

“Jadi, dalam kegiatan reses kali ini kita menggunakan cara via online dengan menyampaikan usulannya melalui pesan WhatsApp (WA) serta usulan secara tertulis untuk mengantisipasi pertemuan fisik tersebut,” tukasnya.

Dalam reses ini, menurut Kamaruddin, pihaknya melalui tim menyebarkan kertas usulan kepada seluruh Ketua RT. Kertas usulan yang sudah dibagikan, dan setelah diisi lalu diambil kembali sebagai bahan masukan atau aspirasi warga.

Anggota DPRD Balikpapan Dapil Balikpapan Barat H. Kamaruddin”Aco” Ibrahim (3 dari kanan) melakukan koordinasi dengan sejumlah Ketua RT di Baru Ulu dalam kegiatan reses masa persidangan pertama tahun 2020.

Dia menambahkan, adapun usulan masyarakat, khususnya warga Balikpapan Barat yang masuk dalam kegiatan reses ini agak variatif, karena memang dirinya meminta usulan tidak hanya berupa kegiatan fisik seperti infrastruktur maupun lainnya, tetapi juga non fisik seperti pelatihan mengemudi, mengelas, kursus komputer serta lainnya.

“Selain usulan fisik, usulan non fisik juga disampaikan warga seperti kursus mengemudi, kursus mengelas dan kursus komputer. Sedangkan fisik, diantaranya usulan lampu penerangan jalan, air PDAM, pengecoran jalan serta lainnya,” tambahnya.

Pihaknya berharap, reses yang digelar kali ini merupakan hikmah dari mewabahnya virus Corona, sehingga masyarakat jadi lebih terbuka dan masyarakat juga bisa lebih melek teknologi informasi (IT).

Sementara itu, Ketua RT 09 Baru Ulu Syarkawi Mawi mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan reses yang dilaksanakan H. Kamaruddin Ibrahim karena sangat berbeda dari kegiatan reses sebelumnya, akibat mewabahnya virus Corona.

“Secara pribadi dan selaku Ketua RT kami sangat mengapresiasi reses yang digelar ini. Kami juga terjun ke masyarakat dan menanyakan langsung tentang usulan warganya. Kami juga membawa usulan untuk disampaikan kepada anggota DPRD Balikpapan,” kata Syarkawi.

Menurut Syarkawi, kalau reses-reses seperti biasa, hadir di gedung pertemuan hanya eforia saja dan dapat menjadi sarana penyebaran virus Corona. Namun, dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, dapat mencegah penyebaran virus Corona serta lebih mudah menyampaikan usulan secara langsung kepada anggota DPRD Balikpapan.

“Harapan kami di reses ini memperbanyak bertemu dengan masyarakat untuk menerima usulan. Turun ke masyarakat langsung tampaknya lebih efektif dari pada kegiatan sebelumnya,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here