Odang Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kompleks Perumahan

0
401

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan pemukiman padat penduduk, anggota DPRD Balikpapan, Syarifuddin Odang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga, masjid dan fasilitas umum, Rabu (25/03/2020).

Penyemprotan disinfektan difokuskan di kompleks Perumahan Graha Indah bekerjasama dengan Kelurahan Graha Indah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Graha Indah, Balikpapan Utara.

Sebanyak 400 liter disinfektan disiapkan untuk menyemprot lokasi yang dianggap rawan menjadi tempat penyebaran virus Corona, diantaranya rumah warga, fasilitas umum, fasilitas ibadah serta lainnya.

Anggota DPRD Balikpapan yang juga Ketua LMP Graha Indah, Syarifuddin Odang mengatakan, LPM Graha Indah ikut terlibat dalam kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Perumahan Graha Indah, Balikpapan Utara, tak lain sebagai upaya mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona yang saat ini makin meresahkan.

“Kita berusaha secara maksimal untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona di Balikpapan, salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan perumahan Graha Indah,” kata Syarifuddin Odang.

Dia menambahkan, ikut andilnya LPM Graha Indah dalam penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di 66 RT di Kelurahan Graha Indah, bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona.

Dua relawan dari LPM dan Karang Taruna Graha Indah Balikpapan Utara melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga untuk mencegah penyebaran virus Corona, Rabu (25/03/2020).

“Kami menyediakan cairan disinfektan serta membuka Posko Kampung Peduli Penanganan Covid-19 di RT 13. Untuk alat semprotnya juga kami sediakan, namun tidak dengan tenaganya. Jadi, para Ketua RT di Graha Indah bisa menggunakan relawannya untuk melakukan penyemprotan sendiri,” terang Odang.

Odang menjelaskan, pada saat melakukan penyemprotan pihaknya meminta tidak ada kerumunan warga atau warga yang berkumpul guna mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona tersebut. Idealnya, penyemprotan dilakukan secara orang per orang dan dari rumah ke rumah.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada H. Ahmad Basir dari PT. Permata Abadi Group yang telah membantu dalam pengadaan cairan disinfektan. Pada hari ini, sebanyak 400 liter disinfektan akan disemprotkan ke seluruh wilayah Perumahan Graha Indah. Namun, pihak Ahmad Basir tidak membatasi jumlah disinfektan yang akan dipergunakan untuk penyemprotan ini,” tukas Odang.

Pihaknya juga berencana mengumumkan penyediaan cairan disinfektan di wilayah Balikpapan Utara dan telah dikoordinasikan dengan Camat Balikpapan Utara serta Lurah Graha Indah. Jika ada warga yang ingin melakukan penyemprotan disinfektan bisa langsung berkoordinasi dan menghubungi dirinya di nomor handphone 08125824063.

Hal itu dilakukan sebagai upaya penyediaan cairan disinfektan satu pintu agar tidak disalahgunakan, mengingat pencampuran cairan disinfektan hanya dilakukan oleh ahlinya.

Menurut Odang yang juga anggota DPRD Balikpapan ini, penyemprotan yang dilakukan ini sebelumnya sudah diumumkan di Kelurahan Graha Indah kepada para RT, bahwa dari sekarang harus mawas diri. Karena, wabah virus Corona ini tidak tahu dan kapan saja virus tersebut bisa menjangkiti semua orang.

Anggota DPRD Balikpapan yang juga Ketua LPM Graha Indah, Syarifuddin Odang menyampaikan keterangan resminya kepada media ini.

“Tetapi, kita ikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin dan menyampaikan kepada seluruh warga bahwa yang tidak perlu ke luar rumah. Kalau memang ada kepentingan yang mendesak, ya silakan. Tapi yang utama adalah anak-anak kita harus dijaga,” tambah Odang.

Sementara itu, Lurah Graha Indah Satrio Taufieq mengatakan, dilaksanakannya penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan perumahan Graha Indah ini merupakan bentuk kepedulian anggota DPRD Balikpapan, LPM Graha Indah bersama Kelurahan Graha Indah dan Karang Taruna serta FKPM Graha Indah.

“Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona ini kami bersama stakeholder, khususnya di Kelurahan Graha Indah melakukan penyemprotan disinfektan dengan sasaran rumah ibadah di perumahan Graha Indah, dan rumah warga,” kata Satrio.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga jika ingin melakukan penyemprotan disinfektan bisa langsung datang ke Posko Kampung Peduli Penanganan Covid-19 di RT 13 untuk mendapatkan cairan disinfektan maupun alat semprotnya untuk dilakukan penyemprotan secara mandiri.

“Kami berharap warga mentaati aturan yang sudah ditetapkan dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak agar terhindar dari paparan virus Corona,” tutup Satrio.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here