Siang Malam Relawan Banda Semprot Disinfektan di Rumah Warga

0
153

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Bukan hanya relawan medis yang bersusah payah saat ini menangani pasien corona. Semangat bahu membahu demi kemanusiaan untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid 19) juga datang dari jajaran di luar rumah sakit, Selasa (31/03/2020).

Mereka adalah relawan Bantuan Darurat (Banda) Indonesia Balikpapan yang memberanikan diri bertarung nyawa untuk membantu pemerintah, memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kota Minyak.

Siang dan malam mereka bekerja melakukan penyemprotan diberbagai wilayah di Balikpapan secara bergantian.

Ratusan anggota Banda yang berasal dari hetrogenitas masyarakat Balikpapan ini , ambil bagian dalam hal penyemprotan disinfektan. Aksi penyemprotan, dilakukan secara gratis dan ini mendapatkan sambutan luar biasa dari warga Kota Beriman.

Kepala Divis Humas Relawan Banda Indonesia, Albertus Prayudia mengatakan, dalam mengerahkan anggota untuk misi kemanusiaan saat ini mereka tidak asal-asalan. Semua anggota yang terlibat dalam misi peduli pencet Covid-19 telah diberikan pengarahan sebelum turun ke lapangan.

“Seluruh anggota yang terlibat dalam misi kemanusiaan ini telah dibekali dengan vitamin C dan E dosis tinggi untuk meningkatkan antibody tubuh mereka,” kata Albertus Prayudia.

Selain itu, tambah Abet sapaan akrabnya, dalam melakukan penyemprotan disinfektan yang didukung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, personil di lapangan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap sesuai standart.

Relawan Banda Indonesia melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Balikpapan.

“Dalam melakukan misi ini kami tidak asal-asalan. Kami tahu bahayanya. Tapi tidak ada paksaan, anggota yang ingin terlibat dalam misi peduli kemanusian memberantas corona ini. Anggota sudah kami beri pelatihan dan pengarahan. Selain itu, mereka turun harus menggunakan APD sesuai standart penaganan virus covid 19. Dan tentunya mereka harus sehat. Kami juga berikan vitamin C dan E untuk meningkatkan antibody untuk daya tahan tubuh mereka,” tambahnya.

Relawan kebanggaan kota Balikpapan ini, menggunakan dana kas organisasi yang bernaung di bawah yayasan Banda Indonesia. Selain itu mereka juga mendapatkan sumbangan dana dan peralatan dari para donatur yang peduli untuk penanganan Covid-19 tersebut.

Abet menjelaskan, target penyemprotan pemutusan mata rantai Covid 19 ini meliputi rumah warga, rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum.

“Anggota kita bagi secara bergantian siang dan malam untuk mencegah kelelahan. Karena banyak permintaan Rukun Tetangga (RT) untuk di lakukan penyemprotan di wilayahnya sampai harus antri dalam daftar tunggu,” tutur Abet.

Namun yang dilakukan relawan Banda ini masih banyak kekurangan, mereka masih membutuhkan bantuan masker, alat semprot dan Hazmat serta vitaimin C dan E, karena di apotik habis. Untuk warga yang ingin berpartisipasi memberikan bantuan dan dukungan dapat menghubungi Ketua Banda Indonesia Balikpapan, Andreanus Pamudji di nomor handphone 0813-2222-8722.

Abet juga menegaskan, warga untuk berhati-hati terhadap oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan.

“Sekali lagi kami tegaskan, penyemprotan yang kami lakukan tidak dipungut bayaran, alias fratis,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here