Tangani Covid-19, Anggaran Pilkada Balikpapan Akan Dialihkan

0
603
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh (kiri) menyampaikan keterangan pers usai rapat internal pembahasan rasionalisasi anggaran penanganan wabah virus Corona (Covid-19) di Kota Balikpapan.

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Anggaran yang telah dialokasikan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan rencananya akan dialihkan untuk membiayai penanganan penanggulangan wabah virus Corona (Covid-19).

Rencana tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh kepada wartawan usai rapat internal yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan di ruang Rapat Paripurna gedung DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, belum lama ini.

Menurut Abdulloh, kebijakan itu merupakan hasil kesepakatan yang diambil oleh DPRD Balikpapan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk menindaklanjuti rencana percepatan penanganan penyebaran virus Corona di Kota Beriman.

“Hasil rapat yang dilaksanakan DPRD dan Pemkot Balikpapan diperoleh kesepakatan bahwa anggaran hibah untuk Pilkada Balikpapan akan dialihkan untuk penanganan penanggulangan virus Corona. Namun, anggaran yang sudah dicairkan, tetap dipergunakan,” kata Abdulloh didampingi Sekwan DPRD Balikpapan, Abdul Aziz.

Dia menambahkan, berdasarkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkot Balikpapan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balikpapan dan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Balikpapan, total anggaran yang disetujui untuk pelaksanaan Pilkada Balikpapan 2020 mencapai Rp73 miliar.

“Anggaran Rp73 miliar tersebut dicairkan dalam tiga tahap.Tahap pertama sebagian sudah dicairkan sebesar Rp28 miliar yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Balikpapan 2019 lalu,” tambahnya.

Jumlah yang sudah dicairkan tersebut, terang politisi Partai Golkar Balikpapan ini, mencakup 40 persen dari total anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkada Balikpapan yang rencananya digelar serentak pada September 2020.

“Namun, dikarenakan kondisi Balikpapan yang makin memprihatinkan karena wabah virus Corona, sisa anggaran yang belum dicairkan akan dialihkan untuk pembiayaan penanganan virus Corona,” ungkap Abdulloh.

“Kondisi yang semakin memprihatinkan ini, mau tidak mau akan diambil kebijakan untuk mengalihkan anggaran yang ada. Kegiatan yang tidak mendesak, anggarannya akan dirasionalisasikan untuk menangani wabah virus Corona,” tandasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here