DPRD Sambut Positif Rencana Pemkot Beri Keringanan Pajak

0
425

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memberikan keringanan pajak dan retribusi bagi kalangan pengusaha restoran dan rumah makan akibat dampak virus Corona (Covid-19), mendapat tanggapan positif dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Thohari Azis mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya relaksasi kepada pengusaha, badan hukum, dan badan usaha yang beroperasi di Balikpapan, berupa kemudahan dan keringanan untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah.

“Wabah virus Corona saat ini memang mempengaruhi semua sektor usaha yang ada di Balikpapan, baik usaha kecil, mikro, menengah dan usaha besar, termasuk jasa dan lain sebagainya,” kata Thohari saat ditemui Kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, belum lama ini.

Menurut Thohari, DPRD Balikpapan menilai wajar jika pemerintah memberikan relaksasi atau keringanan pajak maupun retribusi daerah, khususnya kepada pelaku usaha di Kota Balikpapan.

“Tetapi, tentunya tidak menghapus utang yang tahun lalu karena utang tahun lalu itu sudah menjadi kewajiban,” tambah politisi PDI Perjuangan Balikpapan ini.

Sedangkan utang yang sekarang, ujarnya, boleh mendapat relaksasi tersebut atau ada pengecualian dan keringanan. Dia juga meminta kepada para pengusaha yang nasibnya masih bagus untuk turut serta bergotong royong dalam penanganan wabah virus Corona ini.

“Kami harapkan peran serta para pengusaha yang nasibnya lebih baik untuk ikut berkontribusi dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Corona ini, baik memberikan bantuan untuk alat pelindung diri (APD), maupun menyantuni masyarakat berpenghasilan rendah atau membantu para tim dokter atau tim medis dalam bentuk bantuan peralatan yang belum tersedia,” tukas Thohari.

“Intinya DPRD Balikpapan juga mengutuk para pengusaha yang masih survive atau bertahan untuk sama-sama bergotong-royong. kalau persoalan kav 19 ini cepat selesai semua usaha di Balikpapan pasti akan bagus kembali sehingga diperlukan kerja bareng semua,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here