Bentuk Pansus Covid-19, Budiono Harapkan Bantuan Tepat Sasaran

0
206

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Anggaran dan Kegiatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Senin (20/04/2020).

Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh serta dihadiri puluhan anggota DPRD Balikpapan ini berlangsung tertutup, singkat dan lancar.

Dibentuknya Pansus Pengawasan Anggaran dan Kegiatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kota Balikpapan mendapat tanggapan positif anggota DPRD Balikpapan dari fraksi PDI Perjuangan, Budiono.

Menurut Budiono, DPRD bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah mengupayakan penanganan penyebaran Covid-19 ini agar tidak sampai meluas kemana mana.

“Pemkot Balikpapan juga sudah membentuk Satgas Penanganan Covid-19 agar tidak meluas. DPRD terlibat ketika penanganan pencegahan penyebaran Codvid-19 sudah menyangkut anggaran, karena anggaran ada juga persetujuan dari DPRD,” kata Budiono.

Apalagi, tambah Budiono, melihat kondisi sampai hari ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Beriman, baik ODP, PDP maupun suspek Covid-19 makin naik. Pemkot Balikpapan juga sudah menganggarkan dana untuk penanganan Covid-19 di Balikpapan lumayan cukup besar yakni Rp 240 miliar lebih.

“Sebetulnya ada 4 paket yang akan dibagikan, diantaranya di Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial Balikpapan. DPRD pada hari ini, setelah mengadakan rapat gabungan, langsung melaksanakan rapat paripurna menetapkan Satgas Pengawasan Penanganan Covid-19,” tambahnya.

Tugas yang diparipurnakan ada lima kelompok, mendapat tugas memantau langkah-langkah Pemkot Balikpapan dalam menyalurkan bantuannya sudah tepat atau belum. Salah satunya mengawasi penggunaan anggarannya, tepat sasaran apa tidak.

“Contoh di Dinas Sosial Balikpapan. Di sana ada jaring pengaman sosial karena ada Rp 73 miliar. Harapannya nanti Pemkot Balikpapan bisa membagikan paket sembako kepada masyarakat. Data-data yang berhak mendapatkan apakah sudah tepat sasaran,” pungkasnya.

Selain Pembentukan Pansus Pengawasan Anggaran dan Kegiatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, rapat paripurna juga melaksanakan pembentukan Pansus LKPJ Wali Kota Balikpapan Tahun 2019.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here