Positif Covid-19 di Balikpapan Bertambah 1, Klaster Gowa Masih Mendominasi

0
303

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Balikpapan memperoleh hasil 22 spesimen swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, dan ditemukan 4 spesimen positif Covid-19, Senin (27/04/2020).

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, warga dari Klaster Gowa masih mendominasi. Satu dari empat pasien positif Covid-19 yang hasilnya keluar pada Senin ini merupakan ODP (Orang Dalam Pemantauan) Klaster Gowa berjenis kelamin laki-laki berusia 56 tahun.

“Tiga lainnya merupakan perkembangan dari PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang sudah dirawat sejak sebelumnya. Sedangkan 18 spesimen lainnya memiliki hasil negatif,” kata Rizal didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty.

Rizal menegaskan kepada warga Balikpapan yang berasal dari luar kota, terutama kota-kota Klaster penyebaran Covid-19 untuk segera melaporkan diri, sehingga mempermudah dan membantu pemerintah untuk tracking serta mengurangi kemungkinan transmisi lokal.

“Sekali lagi, kami minta warga Balikpapan yang berasal dari luar kota, terutama kota-kota Klaster penyebaran Covid-19 untuk segera melaporkan diri sehingga mudah ditracking guna mengurangi kemungkinan transmisi lokal,” tambah Rizal.

Sementara itu, Kepala DKK Balikpapan dr. Andi Sri Juliarti menjelaskan, warga yang berasal dari Klaster Gowa sebelumnya sudah menjalani rapid test pertama sebanyak 53 orang dengan hasil negatif.

“Namun, ketika pemanggilan rapid test kedua yang datang hanya 25 orang. Dari hasil pemeriksaan kedua ini ada yang rapidnya dinyatakan positif, kemudian menjalani test swab hingga dua kali dan akhirnya dinyatakan positif Covid-19,” ungkap Andi Sri Juliarty.

Andi Sri Juliarty menjelaskan, DKK Balikpapan masih menunggu kedatangan warga dari Klaster Gowa yang belum melakukan rapid test kedua, dan diharapkan tetap melakukan rapid test walau tidak merasakan sakit, karena terdapat pasien positif Covid-19 yang merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala) namun bisa menularkan virus Corona kepada orang Iain.

“Kami sangat mengharapkan kesadaran warga dari Klaster Gowa untuk segera mengikuti Rapid Test kedua kalinya walaupun tidak merasakan sakit,” paparnya.

Menurut Andi Sri Juliarty, jumlah PDP saat ini adalah 34 orang, sedangkan ODP jumlahnya menanjak dari yang sebelumnya 435 orang menjadi 728 orang. Jumlah spesimen yang sedang menunggu hasil pemeriksaan dari BBLK Surabaya 28 spesimen.

“Saat ini Balikpapan sedang menunggu kedatangan alat PCR di RS Pertamina yang rencananya akan tiba pada 29 April 2020. Jika tiba sesuai jadwal, maka diharapkan mulai awal Mei pemeriksaan sampel swab sudah bisa diIakukan di RS Pertamina dan tidak perlu waktu lama untuk menunggu hasil,” pungkas Andi Sri Juliarty.

Untuk diketahui, satu pasien positif Covid-19 dari Klaster Gowa yang diumumkan oleh Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menambah jumlah pasien positif Covid-19 yang sebelumnya 27 orang, kini jadi 28 orang.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here