SKK Migas-KKKS Bersama Polri Lakukan Baksos Serentak

0
332

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Bersama jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim), SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi serta perusahaan migas Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) mendukung Bakti Sosial (Baksos) Serentak yang digagas Polda Kaltim, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan jajaran aparat baju coklat dengan SKK Migas – KKKS terhadap kondisi masyarakat yang terdampak Virus Corona (Covid-19). Beberapa KKKS seperti PT. Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), PT. Pertamina Hulu Makaham (PHM), PT. Pertamina Hulu Kaltim (PHKT), PT. Pertamina EP Asset 5, PT. Medco Tarakan, KKKS di Kaltim lainnya dan PT. Badak NGL ambil bagian dalam kegiatan Baksos tersebut.

Senior Manager Operasi SKK Migas Kalsul Roy Widhiartha mengatakan, pihaknya bersama-sama KKKS mendukung Baksos Serentak Polri ini. Beberapa KKKS di wilayah kerjanya secara serentak melakukan kegiatan sosial yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Dicontohkan Roy, seperti PT. Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) telah menyerahkan bantuan dalam rangka waspada dan cegah Covid-19 bagi warga di sekitar operasional PHSS.

“Bantuan ini didistribusikan oleh Tim Relawan Kecamatan. Penyerahan bantuan berupa sembako sejumlah 100 paket untuk masayarakat. Selain itu, PHSS menyerahkan bantuan kepada Koramil Muara Badak berupa Genset Portable 1000 Watt 1 unit, Tandon 700 liter 1 unit, masker N95, sepatu boots, alat semprot 2 unit, sarung tangan karet dan kacamata safety,” kata Roy.

Di Bontang, tambah Roy, PT. Badak NGL Bontang juga melakukan pembagian 2.000 masker dan bingkisan sembako pada masyarakat. Selain itu PT. Badak NGL Bontang telah memberikan bantuan berupa 10 unit sarana cuci tangan (Wastafel, Tandon air 400 ml beserta sabun cuci tangan) di 10 titik fasilitas umum.

Pada kegiatan ini, turut hadir Corporate Communication PT Badak NGL, Security, LNG TV, LPADKT-KU Bontang (Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur – Kalimantan Utara), TNI dari Kodim 0908/ Bontang dan Polri dari Polres Bontang.

Menurut Roy, KKKS lainnya ada yang melakukan giat bakti sosial (Baksos) secara door to door kepada keluarga yang membutuhkan di 3 RT sekitar area operasi perusahaan sebanyak 40 paket.

“Semuanya berada di Kelurahan Handil Baru, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara. Kegiatan ini dilakukan oleh sekuriti KKKS bersama personil Ditpamobvit Polda Kaltim didampingi aparat teritorial setempat,” tukas Roy.

Untuk PT Medco E&P Tarakan, terang Roy, pihak perusahaan memberi bantuan bahan baku untuk dapur umum yang dilakukan sebanyak tiga kali. Bantuan sembako berupa beras 50 kg, telur 300 butir, mi instan 5 dus, minyak goreng 10 liter, kecap dan minyak makan tersebut diberikan dalam setiap kali penyerahannya.

“Diharapkan bantuan ini, setelah diolah dapat didistribusikan menyasar pada masyarakat yang terdampak Covid-19,” paparnya.

Senior Manager Operasi SKK Migas Kalsul Roy Widhiartha.

Bertempat di Kantor Desa (Pendopo) Sangatta Selatan, PT, Pertamina E&P Field Sangatta juga memberi bantuan tangki penyemprot 4 unit, disinfektan 5 liter, hand sanitizer 30 botol, masker 200 buah, air mineral (aqua) 4 karton.

Secara simbolis bantuan tersebut diterima oleh Sekertaris Desa Sangatta Selatan, Rosi dan Ketua Karang Taruna Desa Sangatta Selatan, Juliadi.

Sedangkan untuk tim PEP Sangasanga Field bersama dengan Kelurahan Sangasanga Dalam dan Polsek Samboja melakukan giat baksos berupa paket sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. 

“Sebanyak 40 paket kebutuhan bahan pokok dibagikan, meliputi 20 paket untuk masyarakat pra sejahtera dan dhuafa Sanga-Sanga Dalam serta 20 paket untuk masyarakat Samboja,” ujar Roy.

Lebih lanjut, Roy menambahkan, kegiatan serupa juga dilakukan PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan menyalurkan 210 paket sembako di beberapa lokasi. Diantara di Kelurahan Karang Jati Balikpapan, Mekar Sari Balikpapan, Kecamatan Muara Jawa dan Kecamatan Semboja. 

Untuk Kecamatan Muara Jawa dan Samboja, PHM memberikan bantuan masing-masing kecamatan berupa, 50 paket sembako untuk masyarakat pra sejahtera terdampak Covid-19, 2 unit fasilitas cuci tangan portable.

Selain itu, PHM juga memberi bantuan bahan material ke Kelompok Jahit Fatma Muara Jawa dan kelompok Jahit Asuhan PKBM Kusumadewi Handil Baru Darat. Masing-masing PKBM membuat 1.000 masker gratis untuk diberikan pada masyarakat Kecamatan Muara Jawa dan Samboja.

Dalam rangka mendukung  Gerakan Bhakti Sosial Polri Peduli Covid-19 ini, KKKS Chevron Makassar Ltd. & Chevron Rapak Ltd (CML/CRL) diwakili Beni selaku Security Chevron, menyerahkan bantuan 100 Paket sembako kepada warga atau tenaga bongkar muat di sekitar Pelabuhan Loktuan Bontang.

Kegiatan ini disaksikan personil dukungan pengamanan kepolisian untuk CML/CRL dan Syarif M Ketua Tenaga Kerja Bongkar Muat.

Tak ketinggalan PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), bertempat di kantor Kelurahan Telagasari, Balikpapan Kota sejumlah warga kurang mampu diberikan bantuan sembako. Bantuan sebanyak 30 paket sembako senilai 10 juta rupiah tersebut, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan karena dampak dari penyebaran Covid-19.

“Kami dari hulu migas berupaya semaksimal mungkin membantu dan bekerjasama dengan stakeholder di daerah untuk menanggulangi pencegahan penyebaran Covid-19. Bantuan tersebut kami harapkan dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,“ tandas Roy

Penulis: Anang
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here