Bertambah 4, Jumlah Pasien Positif Covid-19 Jadi 43 Orang

0
391

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Baru sehari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan mengumumkan 9 pasien sembuh dari Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), penambahan kasus positif kembali bertambah. Kali ini, 4 pasien diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (10/05/2020).

Empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan oleh Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi di Posko Covid-19 Pemkot Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman.

“Kemarin kita sudah senang karena banyak yang sembuh. Tapi hari ini kita mendapatkan laporan dari Surabaya ada 4 pasien kita yang status PDP terkonfirmasi positif. Jadi, dengan demikian total pasien kita terkonfirmasi positif Covid-19 sampai hari ini berjumlah 43 orang,” kata Rizal Effendi didampingi Dandim 0905 Balikpapan, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Kabagren Polresta Balikpapan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan.

Menurut Rizal, jika sebelumnya ada 39 orang yang positif Covid-19, maka pasien positif sampai hari ini berjumlah 43 orang dan yang masih dirawat di rumah sakit dengan tambahan 4 orang ini menjadi 24 orang.

“Sedangkan yang sembuh tidak ada perubahan seperti kemarin totalnya 17 orang, yang meninggal dunia 2 orang,” jelasnya.

Empat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, tambah Rizal, satu berjenis kelamin perempuan (62), ada kontak erat dengan pasien positif sebelumnya tapi sudah meninggal dunia.

“Kemudian pasien laki-laki berusia 41 tahun, seorang anak buah kapal (ABK), ada kaitan dengan 2 ABK sebelumnya yang positif. Ada dua lagi laki-laki berusia 17 tahun. Ini dari klaster Temboro Magetan, Jawa Timur,” ungkap Rizal.

Orang nomor satu di Kota Minyak ini menambahkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Balikpapan yang naik status menjadi positif berkurang 4 orang. PDP yang masih dirawat saat jumlahnya 19 orang.

Sementara jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang menjalani karantina sendiri atau di rumah mengalami penurunan. Hari ini tercatat sebanyak 287 orang, atau turun 41 orang dari sehari sebelumnya tercatat 328 orang.

“Jumlah spesimen yang masih ditunggu sampai saat ini sejumlah 39 spesimen,” tukasnya.

Dengan meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rizal mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah dianjurkan pemerintah yakni jaga jarak, tidak berkerumun, serta tetap menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan keluarga.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here