Pasien Positif Covid-19 Bertambah 3, Dua Warga Luar Balikpapan

0
341

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 3 pasien dinyatakan terkonfirmasi positif Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), Rabu (20/05/2020).

Ketiga pasien tersebut, 2 pasien laki laki berusia 51 tahun dan 45 tahun. Mereka terkonfirmasi positif dari hasil Laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan.

“Kemudian satu pasien laki-laki berusia 50 tahun dengan hasil terkonfirmasi positif dari hasil swab Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya,” kata Rizal Effendi, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dalam jumpa pers update Covid-19 di Balaikota Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Selain tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19, menurut Rizal, total pasien pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah 2 orang. “Ada lima kasus negatif baru pasien PDP sehingga mereka sudah bisa meninggalkan Rumah Sakit,” kata Rizal yang juga Wali Kota Balikpapan ini.

Lalu, terangnya, terdapat penambahan 10 pasien PDP baru dari hasil test mandiri yang dilakukan di beberapa rumah sakit sehingga PDP di Balikpapan yang dirawat sampai hari ini ada 47 pasien.

Pihaknya juga menambah data baru yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG). OTG ini, merupakan perkembangan baru karena sekarang banyak masyarakat yang meminta Rapid Test dalam rangka bepergian keluar daerah, sehingga ada hasil 141 orang yang di Rapid Test diketahui memiliki hasil reaktif.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty menambahkan, tiga pasien terkonfirmasi positif, dua orang adalah warga luar Balikpapan yang melaksanakan tugas di Balikpapan, lalu akan pulang ke daerahnya dan ternyata hasil pemeriksaan Rapid Test mereka dinyatakan positif.

Lebih lanjut, terang Andi Juliarty, untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Balikpapan bertambah dari 327 orang menjadi 380 orang.

“Artinya terdapat penambahan sebanyak 53 orang. Pemkot sedang menunggu spesimen yang masih dalam proses pemeriksaan sebanyak 45 spesimen dan jumlah spesimen yang masih dalam perjalanan ada delapan,” ujar Andi Juliarty.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here