Hasil Swabnya Negatif, Dua Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

0
216

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menerima hasil swab sebanyak 27 sampel dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, Kamis (21/05/2020).

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan yang juga Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, dari jumlah tersebut ada 2 pasien yang dinyatakan sembuh karena hasil swabnya dua kali terkonfirmasi negatif.

“Kedua pasien sembuh itu berasal dari Rumah Sakit Tentara Dr. Hardjanto dan Rumah Sakit Hermina Balikpapan,” kata Rizal Effendi didampingi Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam jumpa pers update Covid-19 di Posko dan Media Center Pemkot Balikpapan.

Menurut Rizal, total pasien positif di Balikpapan sampai hari ini tidak ada perubahan. Tercatat ada 50 pasien positif dan yang dirawat ada 15 pasien. Pasien sembuh ada 33 orang, lalu yang meninggal ada 2 orang.

“Ada 3 kasus swab ulang yang memiliki hasil test swab yang masih positif dan saat ini masih menjalani rawat inap di rumah sakit,” terang Rizal.

Kemudian, tambah orang nomor satu di Balikpapan ini, ada 22 kasus negatif baru, terdiri 17 pasien dalam pengawasan (PDP) di Balikpapan sehingga mereka dapat meninggalkan Rumah Sakit.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle (kiri) memberikan bingkisan kepada dua pasien sembuh dalam jumpa pers update penanganan Covid-19 di Posko dan Media Center Pemkot Balikpapan.

“Jumlah Orang Tanpa Gajela (OTG) di Balikpapan saat ini tercatat 156 orang dan terdapat penambahan OTG sebanyak 15 orang. Untuk pasien ODP ada 388 orang atau bertambah 8 orang,” tutur Rizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty menambahkan, dua pasien positif yang terkonfirmasi sembuh pada hari ini, pertama perempuan berusia 58 tahun dirawat sejak 7 April 2020 memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

“Kemudian, satu pasien lainnya juga perempuan berusia 43 tahun dengan riwayat yang dialami adalah transmisi lokal, dirawat sejak 3 April 2020 lalu,” kata Andi Juliarty.

Sedangkan spesimen yang masih ditunggu oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 (DKK maupun Pemkot Balikpapan) masih ada 47 spesimen di BBLK Surabaya.

“Walaupun Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo dan Rumah Sakit Pertamina telah membuka pemeriksaan laboratorium PCR dan TCM tetapi masih ada keterbatasan karena baru dimulai,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0905 Balikpapan, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, Kepala Rumah Sakit dr. Harjanto Balikpapan, serta lainnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here