Penuhi Kebutuhan LPG 3 Kg, Pertamina Siapkan 255 Agen dan 10.690 Pangkalan

0
223

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Peningkatan kebutuhan LPG 3 Kg pada Idul Fitri tahun 2020 telah diantisipasi dengan meningkatkan alokasi penyaluran sebesar 6,6% dari rata-rata normal bulanan atau sekitar 4.079 MT (1.359.640 tabung) dari konsumsi normal rata-rata bulanan yaitu 30.980 Metrik Ton untuk wilayah Kalimantan.

Region Manager Commrel & CSR Kalimantan Roberth MV. Dumatubun mengatakan,
penguatan stok LPG telah dilakukan dari akhir April dengan penambahan stok cadangan melalui dua tahap yaitu Tahap I pada April 2020 dan Tahap II pada Mei 2020. Penyaluran ini telah disalurkan ke 249 Agen dan 2.405 pangkalan yang tersebar di seluruh wilayah Kalilmantan.

“Dalam upaya pemenuhan kebutuhan LPG, Pertamina juga menyiapkan lembaga penyalur LPG Pertamina yaitu agen dan pangkalan LPG sebanyak 255 agen PSO, 10.690 pangkalan PSO, 70 agen NPSO dan 2.424 sub agen NPSO di seluruh wilayah Kalimantan,” kata Roberth, Kamis (21/05/2020).

Dia menambahkan, langkah antisipatif lainnya adalah Pertamina menginstruksikan agen-agen untuk melalukan pengisian LPG NPSO ke Modern Outlet seperti indomaret dan SPBU sebagai outlet penjualan LPG.

“Pertamina juga berkoordinasi dengan instansi terkait (ASDP/Dishub, Ditjen Migas, Pemda TK I & II, Kepolisian, Perbankan). Koordinasi dilakukan guna memperlancar distribusi LPG jika terjadi hambatan di lapangan,” tukasnya.

Lain halnya dengan Bahan Bakar Minyak dan LPG, tambah Roberth, konsumsi avtur selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1441 H cenderung turun sebesar 78,77 % dibandingkan konsumsi normal bulanan atau sebesar 97,46 KL/bulan dari 459 KL/bulan untuk wilayah Kalimantan.

“Penurunan tersebut juga dikarenakan akibat pandemic covid-19 yang menyebabkan terbatasnya maskapai komersial yang diperbolehkan untuk terbang,” tambahnya.

Kesiapan Pertamina dalam menjaga ketahanan stok avtur tetap dilakukan pada 9 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) walaupun terdapat kecenderungan penurunan konsumsi avtur.

“Diprediksi peningkatan konsumsi avtur akan meningkat diprediksi pada bulan Juni sejak pemberlakuan new normal akan terlaksana,” tutup Roberth.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Poniran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here