Apresiasi Relawan Banda Indonesia, Wawali Serahkan Bantuan Sembako

0
299

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Kepedulian relawan Bantuan Darurat (Banda) Indonesia terhadap kemanusiaan mendapat apresiasi dari masyarakat. Tak terkecuali apresiasi dari Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Bahkan, apresiasi ini diwujudkan dalam bentuk dukungan berupa pemberian sembako dan uang tunai sebagai upaya meningkatkan ketahanan para relawan dalam menjalankan tugas membantu masyarakat di masa bencana maupun keadaan darurat, termasuk di tengah pandemi Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pihaknya tidak memungkiri keberadaan relawan Banda Indonesia Kota Balikpapan sangat membantu pemerintah, khususnya masyarakat Kota Balikpapan, baik di masa pandemi Covid-19 maupun dalam keadaan darurat dan kebencanaan.

“Keberadaan relawan Banda Indonesia di masa bencana maupun keadaan darurat saat ini sangat penting. Itulah mengapa organisasi kemanusiaan ini perlu mendapat dukungan,” kata Rahmad Mas’ud sesaat setelah memberikan bantuan kepada relawan Banda Indonesia di Rumah Dinas Wawali Jalan RS Muhamad Balikpapan, Kamis (21/05/2020).

Ketua Banda Indonesia Andreanus Pamudji (kanan) menyerahkan cenderamata berupa kemeja Banda Indonesia kepada Wakil Wali (Wawali) Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Dia menambahkan, secara pribadi maupun sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan dirinya mengapresiasi kepedulian para relawan Banda dalam berpartisipasi mencegah wabah Virus Corona di Kota Minyak, maupun kegiatan kemanusiaan lainnya.

“Tidak diragukan lagi, relawan Banda Indonesia dengan penuh keikhlasan bekerja tanpa pamrih membantu masyarakat, termasuk di masa pandemi Covid-19 ini dengan turun ke lapangan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. Ini patut diapresiasi,” kata Rahmad.

Ketua Banda Indonesia Andreanus Pamudji mengatakan, sejak dua bulan lalu, relawan Banda Indonesia ikut membantu pemerintah dalam penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa fasilitas publik dan rumah warga.

“Apresiasi berupa bantuan ini tentu menjadi motivasi teman-teman untuk semakin meningkatkan kinerja serta menambah semangat mencegah penyebaran Virus Corona,” kata Andreanus Pamudji.

Wawali Balikpapan Rahmad Mas’ud foto bareng relawan Banda Indonesia.

Menurut Andre, demikian dia disapa, Banda Indonesia dibentuk dengan tujuan membantu penanganan bencana. Relawan ini menjadi salah satu potensi SAR Kaltim yang berprestasi skala nasional. yang telah memiliki keterampilan dan kemampuan SAR.

Relawan Banda anggotanya dengan berbagai latar belakang. Mulai pedagang kaki lima, pengusaha, sampai pejabat sipil, polisi maupun militer. Mereka bukan yang terbaik namun mereka adalah yang terlatih saat ini dari Balikpapan.

“Selama masa pandemi ini, relawan dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga, sekolah, tempat ibadah, maupun tempat-tempat publik lainnya. Untuk melakukan kegiatan itu, setiap hari, Banda Indonesia menurunkan lebih dari 25 relawan,” pungkas Andre.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here