Cegah Covid-19, Pejabat Utama Polresta Balikpapan Jalani Rapid Test

0
255

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kaltim menggelar Rapid Test kepada personel Polresta Balikpapan dan wartawan di Mako Polresta Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (30/06/2020).

Rapid Test gratis dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74 ini diikuti para pejabat utama Polresta Balikpapan, mulai Kapolresta, para Kabag, Kasat hingga para Kapolsek se- Balikpapan. Pelaksanaan Rapid Test yang melibatkan tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan ini berjalan tertib dan lancar.

Dokter Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan dr. Oksen Pariangan mengatakan, kegiatan hari ini adalah melaksanakan pemeriksaan Rapid Test kepada personel Polresta Balikpapan dan wartawan sebagai bagian dari rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke-74.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk melakukan screening guna menyaring atau pemilahan untuk mendeteksi resiko orang yang terpapar Covid-19,” kata Oksen di sela-sela kegiatan.

Sehingga, tambah Oksen, dengan Rapid Test ini bisa mengetahui atau menjaring personel atau wartawan yang kemungkinan terpapar Covid-19.

Lebih lanjut, Oksen menjelaskan, jika ada yang ditemukan hasil Rapid Testnya reaktif, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan untuk ditindaklanjuti dengan dilakukannya tes Swab.

“Jika ditemukan hasil reaktif maka kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti dengan tes Swab guna memastikan apakah Rapid Test yang positif itu memang karena ada virus Covid-19 di dalam tubuh orang tersebut,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan Rapid Test yang dilaksanakan ini, tidak ditemukan adanya hasil yang reaktif dan semuanya non reaktif.

“Target kita pada pemeriksaan Rapid Test ini sebenarnya ada 50 sampai 60 orang. Mudah-mudahan tercapai. Kalau tercapai artinya kita bisa lebih banyak kondisi personel Polri atau rekan-rekan wartawan,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here