Paripurna DPRD, Wali Kota Sampaikan Jawaban Pandangan Fraksi

0
350

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Rapat paripurna secara virtual kembali digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (06/07/2020).

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle ini mengagendakan penyampaian jawaban Wali Kota Balikpapan terhadap pandangan fraksi terkait Laporan Pertanggungjawaban APBD Balikpapan Tahun Anggaran 2019.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam jawabannya mengatakan, berbagai permasalahan yang menjadi sorotan oleh enam fraksi di DPRD Balikpapan akan menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan diantaranya tentang pendidikan, mengingat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah selesai dilaksanakan, penanganan banjir, pembangunan kota, PDAM serta lainnya.

“Terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru sesuai Rencana Strategi (Renstra) Dinas Pendididkan dan Kebudayan (Disdikbud) Kota Balikpapan, ke depan daya tampung sekolah, baik tingkat SD, SMP Negeri bisa mencapai 75 persen. Sedangkan sisanya, bisa ditampung oleh sekolah swasta,” kata Rizal Effendi.

Terkait penanganan banjir, tambah Rizal, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan menyusun usulan anggaran kegiatan sebesar 40 persen yang dibahas oleh Tim Anggaran DPRD dan Pemkot Balikpapan.

“Rendahnya pendapatan dari retribusi parkir tepi jalan, Pemkot Balikpapan melalui UPTD Pengelolan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) telah melakukan inventaris juru parkir liar ”on street” sebanyak 180 juru parkir liar. Sedangkan yang dilakukan kerja sama ada 115 juru parkir yang berada 60 titik lokasi,” ungkapnya.

Selain parkir, perkembangan pelayanan PDAM Tirta Manggar Balikpapan juga disampaikan oleh orang nomor satu di Kota Minyak ini.

Menurutnya, sampai April 2020 baru melayani sebanyak 104,416 SR atau 79,10 persen dari keseluruhan jumlah penduduk 670.505 jiwa. Masih ada 20,9 persen yang belum terlayani. Sehubungan laba  bersih PDAM untuk APBD sebesar 55 persen yang disetor kepada Pemkot Balikpapan 2019 menggunakan dasar perhitungan dari laba bersih 2018. Dimana PDAM bersih sebesar Rp16,79 miliar disetor ke Pemkot Rp9,23 miliar lebih.

“Kami juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja PDAM dan Perusda Manuntung Sukses,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengatakan, Rapat Paripurna kali ini mendengarkan penyampaian jawaban Wali Kota Balikpapan terhadap pandangan fraksi-fraksi terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019.

“Setelah pandangan fraksi-fraksi, Rapat Paripurna DPRD Balikpapan kali ini mendengarkan jawaban Wali Kota terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019,” kata Sabaruddin.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here