Komisi III Desak Developer Serahkan Fasum dan Fasos Perumahan

0
298

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi III DPRD Balikpapan mendesak developer perumahan bersubsidi dan non subsidi untuk segera menetapkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) serta menyerahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Hale itu dilakukan agar penanganan fasum dan fasos dapat dilakukan ketika ada persoalan yang pengajuan perbaikan, penambahan fasilitas serta lainnya, seperti perbaikan badan jalan, lampu penerangan, air bersih, drainase serta lainnya.

“Komisi III DPRD Balikpapan menegaskan kepada para pengembang perumahan untuk sesegera mungkin menetapkan fasum dan fasos di perumahan supaya anggaran APBD nanti tidak tersendat untuk membantu dalam perbaikan dan penambahannya, diantaranya badan jalan, air, drainase, lampu serta lainnya,” kata Syarifuddin Odang, anggota Komisi III DPRD Balikpapan saat ditemui Kabargupas.com, belum lama ini.

Terkait masih banyaknya pengembang yang membuka lahan hingga menyebabkan banjir di Balikpapan, Odang menjelaskan, agenda Komisi III DPRD Balikpapan bersama Dinas PU Balikpapan, perizinan dan beberapa dari OPD Pemkot Balikpapan akan melakukan koordinasi untuk tidak saling menyalahkan di dalam proses tersebut, termasuk ada beberapa perumahan ini yang selalu ditinjau atau sidak sampai sekarang tidak ada perbaikan atau realisasi.

“Artinya yang diusulkan kita, tolong diperbaiki, contoh perumahan di Balikpapan Timur, di Balikpapan Utara yang menjadi persoalan,” tambah Odang sapaan akrab Syarifuddin Odang.

Politisi Partai Hanura Balikpapan ini juga mempertanyakan siapa sesungguhnya yang bertanggung jawab dalam persoalan tersebut, mengingat banjir dan tanah longsor akibat pembukaan lahan perumahan selalu menjadi persoalan di Balikpapan.

“Siapa sih sebenarnya yang bertanggung jawab ketika banjir melanda kota ini akibat maraknya pengupasan lahan perumahan. Kalau DPRD saja hanya melihat dari satu kebijakan saja, bagaimana usulan, bagaimana keluhan masyarakat. Tapi, eksekutornya ada di Pemerintah Kota. Kemudian Pemerintah Kota ada dinas-dinas terkait,” tukasnya.

“Dari laporan Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat (DPPR) Balikpapan, baru dua perumahan yang menyerahkan fasum dan fasosnya kepada Pemkot Balikpapan, salah satunya adalah Sinar Mas Wisesa,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here