Empat Pedagang Pasar Muara Rapak Positif Covid-19

0
306

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pasien terkonfirmasi positif Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) di Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali bertambah, Senin (20/07/2020).

Kali ini, delapan orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan dalam jumpa pers update Covid-19 di Posko Covid-19 dan Media Center Pemkot Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman.

Dari delapan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, empat diantaranya adalah pedagang Pasar Muara Rapak. Keempatnya, satu orang merupakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan tiga orang lainnya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Hari ini terjadi penambahan sebanyak 8 kasus yakni pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Balikpapan,” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan yang juga Komandan Kodim (Dandim) 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty menjelaskan, terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 8 orang. Kedelapan orang tersebut adalah pasien laki-laki dengan kode BPN 317, usia 55 tahun, KTP Balikpapan. Masuk di rumah sakit dengan keluhan dan gejala mirip Covid-19 sehingga dilakukan Swab laboratorium PCR-TCM Rumah Sakit Kanujoso Balikpapan hasilnya terkonfirmasi positif.

“Kedua, BPN 318 laki-laki berusia 29 tahun, KTP Jawa Tengah. Masuk rumah sakit dengan gejala demam, batuk, pusing dan lidah tidak berasa. Dilakukan pemeriksaan PCR terkonfirmasi positif Covid-19 di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan,” kata Andi Juliarty.

Selanjutnya, tambah Andi Juliarty, pasien dengan kode BPN 319, laki-laki berusia 26 tahun, KTP Balikpapan, karyawan Migas, merupakan hasil perluasan tracing kontak dari kasus di lokasi Migas, hasil tes lab PCR dari RS Parikesit.

Keempat, BPN 320, berusia 50 tahun, KTP Balikpapan, juga karyawan Migas. Riwayat tracing dari perusahaan. Kemudian, BPN 321, usia 45 tahun, KTP Balikpapan, karyawan Migas, merupakan perluasan dari tracing perusahaan.

“Balikpapan 322, perempuan, 32 tahun, KTP Balikpapan, merupakan pedagang, terkonfirmasi positif di rumah sakit. Balikpapan 323, berusia 45 tahun, KTP Balikpapan juga pedagang, Balikpapan 324, usia 52 tahun, KTP Balikpapan juga pedagang. Tiga kasus terakhir, 322, 323, dan 324, kami sampaikan ini adalah cluster pedagang Pasar Muara Rapak,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here