Mulai Besok Pasar Muara Rapak Ditutup 3 Hari

0
257

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Akibat empat pedagangnya positif Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), Pasar Muara Rapak yang berada satu bangunan dengan Plaza Rapak Balikpapan, akan ditutup sementara. Penutupan sementara itu, akan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai Selasa hingga Kamis yakni 21-23 Juli 2020.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan yang juga Komandan Kodim (Dandim) 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa di hadapan wartawan saat jumpa pers update Covid-19 di Balaikota, Senin (20/07/2020).

“Terkait adanya beberapa pedagang pasar yang terkonfirmasi positif Covid-19 hasil dari tes Swab, maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan akan melakukan penutupan sementara,” kata I Gusti Agung.

Dia menjelaskan, sudah disampaikan oleh Kepala DKK Balikpapan bahwa ada penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Pasar Muara Rapak. Dari pelaksanaan Rapid Test ada tujuh yang reaktif. Setelah dilaksanakan Swab maka ada empat yang positif Covid-19.

“Mereka adalah tiga orang pedagang warung nasi dan seorang pedagang ikan asin. Dengan kondisi ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan akan mengambil langkah yang nyata di lapangan demi kenyamanan bersama, baik masyarakat maupun pedagang Pasar Muara Rapak,” tambahnya.

Langkah-langkah yang diambil, terang Dandim, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan sudah berkoordinasi dan melakukan pertemuan bersama dengan pengelola Plaza Rapak.

“Langkah yang disepakati adalah mulai besok akan melakukan penutupan total Pasar Muara Rapak. Kemudian, malam ini pukul 21.00 Wita akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, tutur I Gusti Agung, besok pagi juga akan dilaksanakan tes Swab massal kepada pedagang Pasar Muara Rapak, dimulakan pukul 08.00 hingga 13.00 Wita. Pelaksanaan tes Swab ini diprioritaskan kepada pedagang pasar yang berada di lantai dasar (lantai 1).

“Tes Swab yang dilaksanakan di Pasar Muara Rapak Balikpapan ini diutamakan bagi pedagang pasar di lantai 1 karena pasien yang terkonfirmasi positif ada di lantai 1 tersebut. Pelaksanaan tes Swab Covid-19 bekerja sama dengan pengelola Pasar Muara Rapak,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here