Tes Swab Masal di Pasar Rapak Kembali Digelar, Pedagang Enggan Hadir

0
417

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tes Swab gratis kembali dilakukan Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Balikpapan di halaman parkir Plaza Rapak Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (30/07/2020).

Tes Swab masal ini dilakukan menyusul 17 pedagang Pasar Muara Rapak (pasar tradisional di lantai dasar Plaza Rapak) yang terkonfirmasi Covid-19 pasca tes Swab masal pertama pada pekan lalu. Selain itu, tes Swab masal ini dilaksanakan sebagai upaya Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan untuk mengetahui kondisi pedagang.

Sayang, tes Swab masal kedua yang digelar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan ini minim peminat alias sepi. Informasi yang didapat media ini, dari 400 lebih pedagang Pasar Muara Rapak yang mengikuti tes Swab, hingga pukul 11.00 WITA hanya 40 lebih pedagang saja.

Padahal, pada tes Swab masal pertama ada 109 pedagang yang mengikuti tes Swab ini hingga diketahui 17 pedagang terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, kemarin.

Diduga, sepinya tes Swab masal yang digelar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan ini karena pedagang takut ketahuan jika dirinya positif Covid-19. Selain itu, pedagang enggan hadir di kegiatan tersebut karena malas alias lebih memilih berdiam di rumah.

“Sebenarnya jumlah pedagang Pasar Muara Rapak ini banyak. Entah kenapa yang hadir pada tes Swab masal ini pedagangnya malah sedikit yang hadir,” kata Fatmawati, salah satu pedagang Pasar Muara Rapak saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Pengelola Plaza Rapak dan Pasar Muara Rapak Balikpapan, Doddy Aurora mengatakan, pihaknya memastikan semua pengunjung dan pedagang menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan disetiap sudut pasar.

Terkait rencana penutupan sementara Pasar Muara Rapak beserta mal Plaza Rapak akibat pedagangnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 jumlahnya meningkat, Doddy menyebutkan belum ada koordinasi dengan Pemkot Balikpapan.

“Belum ada komunikasi dari Pemkot Balikpapan, yang pasti untuk lantai dasar kita tutup sementara selama 3 hari. Kalau untuk lantai di atasnya tetap kita buka,” kata Doddy.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here