Idul Adha, Warga Jalan Kilat Sembelih 12 Ekor Sapi

0
270

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan warga di Masjid Al Falah Jalan Kilat (sekarang Jalan Al Falah) Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Sabtu (01/08/2020).

Sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing disembelih warga bersama panitia kurban Masjid Al Falah Balikpapan. Jumlah hewan kurban pada kegiatan penyembelihan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu hanya 10 ekor sapi, maka tahuni ini meningkat menjadi 12 ekor sapi yang disembelih.

Penyembelihan berlangsung tertib dan lancar dipimpin Koordinator Kurban Masjid Al Falah yang juga anggota DPRD Balikpapan, Taufik Qulrahman. Daging kurban setelah dikemas ke dalam kantong plastik, kemudian dibagikan kepada masyarakat, utamanya warga tidak mampu di sekitar masjid, panti asuhan, pondok pesantren, fakir miskin, serta lainnya.

Koordinator Kurban Masjid Al Falah, Taufik Qulrahman mengatakan, sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing disembelih warga dan panitia kurban Masjid Al Falah eks Jalan Kilat, Baru Ilir, Balikpapan Barat dalam rangka perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah.

Panitia kurban Masjid Al Falah Baru Ilir sedang memotong daging untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Sejatinya, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan saat usai Sholat Idul Adha. Namun, karena waktunya bertepatan dengan hari Jumat, maka penyembelihan baru bisa dilaksanakan hari ini,” kata Taufik Qulrahman.

Dia menambahkan, daging kurban hasil penyembelihan selanjutnya didistribusikan atau dibagikan kepada masyarakat, khususnya warga kurang mampu, fakir miskin, panti asuhan, pondok pesantren serta lainnya.

“Besar harapan kami, daging kurban yang kami bagikan kepada masyarakat ini dapat bermanfaat,” tambahnya.

Tak hanya di Masjid Al Falah Baru Ilir, Balikpapan Barat, penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di Masjid Agung At Taqwa Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. Dalam kegiatan ini, panitia kurban penyembelihan 13 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Sapi yang disembelih dalam perayaan Idul Adha tahun ini, menurun jumlahnya dari tahun sebelumnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here