Najib Dorong Pemkot Lindungi Pasar Rakyat dari Covid-19

0
475

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Di tengah pandemi Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda Balikpapan, pertumbuhan ekonomi masyarakat diharapkan tetap berjalan seperti biasa.

Namun, penerapan protokol kesehatan harus tetap dijalankan dan diwajibkan bagi seluruh pelaku usaha maupun pengguna jasanya. Hal itu dilakukan agar roda ekonomi masyarakat bisa kembali normal seiring ditetapkannya new normal.

Apalagi, Peraturan Walikota (Perwali) Balikpapan Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sekarang ini sudah diberlakukan, salah satunya pemberian sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Kondisi ini menjadi perhatian anggota Komisi II DPRD Balikpapan dari fraksi PDI Perjuangan, Muhammad Najib. Saat ditemui kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kamis (03/09/2020), dia menjelaskan bahwa ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 harus tetap berjalan.

Menurut Najib, demikian dia disapa, pihaknya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk melindungi pasar rakyat agar aktivitas ekonomi masyarakat tetap berjalan, meski Covid-19 masih mewabah di Kota Minyak.

“Saya mendorong pemerintah kota untuk bisa melindungi pasar rakyat. Pemerintah juga harus memastikan berjalannya protokol kesehatan secara ketat di pasar rakyat, berikut dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukungnya,” kata Najib.

Dia menambahkan, penerapan protokol kesehatan di pasar diantaranya dengan memastikan satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Tujuannya agar di pasar tersebut tidak terjadi kerumunan warga, baik pedagang maupun pembelinya.

“Intinya, di tengah pandemi Covid-19 ini aktivitas ekonomi masyarakat seperti biasa. Namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tukas Najib.

Wakil Rakyat dari Dapil Balikpapan Utara ini berharap, masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, hanya protokol kesehatan tetap dijaga ketika berinteraksi, terutama aktivitas ekonomi di pasar-pasar seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan serta lainnya.

“Agar ekonomi tetap tumbuh, saya berharap protokol kesehatan tetap dijalankan, seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan lainnya,” tutup Najib.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here