Datangi RSKD, Rahmad-Thohari Jalani Pemeriksaan Kesehatan

0
544

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (14/09/2020) pagi tadi.

Keduanya tiba di gedung Anggrek Hitam RSKD Balikpapan dengan mengenakan kemeja putih dan celana panjang berwarna hitam didampingi masing-masing ajudan serta tim suksesnya sekira pukul 07.30 Wita.

Mereka diterima oleh Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan RSKD Balikpapan dr. Achmad Zuhro Ma’ruf Sp. BS dan Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan dr. Ariesanty, Direktur RSKD Balikpapan serta lainnya.

Sebelum dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pemaparan pelaksanaan kesehatan disampaikan oleh Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan dr. Ariesanty Irawatie, yakni tentang tahapan-tahapan pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani.

Dalam kegiatan ini, penyerahan bakal pasangan calon untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dilakukan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha disaksikan Komisioner KPU Mega Fariyani Feri dan staf KPU Balikpapan serta Ketua Bawaslu Balikpapan Ahmadi Aziz.

Bakal Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad-Thohari saat mendatangi RSKD Balikpapan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Balikpapan yang pertama kesehatan dulu yang dibahas. Persyaratan kesehatan ini persyaratan yang komulatif dengan persyaratan yang lain.

“Artinya, persyaratan kesehatan ini bisa menggugurkan juga dalam hal tidak memenuhi syarat untuk bisa menjalankan tugas nanti. Itu menurut hitungan-hitungan dari tim medis,” ujar Noor Thoha.

Menurut Noor Thoha, pemeriksaan kesehatan ini adalah pertaruhan lembaga. Maka ini tidak bisa dalam tanda petik itu ada main-main dan sebagainya resikonya sangat tinggi.

“Setelah nanti dilakukan pemeriksaan kesehatan. KPU akan melakukan pemeriksaan administrasinya. Kemarin, persyaratan pencalonan sudah clear. Jumlahnya lengkap, lengkap barangnya dan sah. Tinggal persyaratan calon,” kata Noor Thoha.

Karena ditunda atau ada penundaan pendaftaran maka bergeser juga pemeriksaan kesehatannya. Nanti terakhir, paling lama 22 September harus sudah fix seluruh persyaratannya, termasuk dari kesehatan, persyaratan-persyaratannya administrasi lainnya.

“Seluruh dokumen akan kita verifikasi, kecuali memang yang diatur lain, misalnya kayak LHKPN-nya dibarkot kita scan, berarti sudah clear. Tapi seperti ijazah serta dokumen-dokumen lain yang tidak ada barkotnya ya kita laksanakan atau verifikasi ke tempatnya supaya meyakinkan bahwa dokumen ini asli dan sah,” tukasnya.

Suasana penerimaan bakal Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Balikpapan kepada Tim Pemeriksa Kesehatan RSKD Balikpapan.

Bakal calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, tidak ada persiapan khusus jelang pemeriksaan kesehatan hari ini. Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang dijalani jelang kegiatan ini.

“Jelang pemeriksaan kesehatan pagi ini tidak ada persiapan khusus, namun lebih banyak ke olahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh,” kata Rahmad.

Sementara itu, bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan Thohari Azis mengatakan, untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam rangka Pilkada Balikpapan tidak ada persiapan khusus. Namun, dirinya lebih banyak kepada istirahat yang cukup.

“Jadi cukup istirahat saja, berdoa, suasana yang happy. Cuma bagaimana mau istirahat kalau kemarin masih sekolah partai sampai malam hari,” katanya.

“Harapan saya, bersama pak Rahmad hari ini MCU (medical check up) berjalan lancar. Besok psikotest juga berjalan lancar sehingga semua tahapan bisa kami lalui dengan baik dan benar. Kalau persiapan khusus ya banyak-banyak minum vitamin C,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here