Hari Kedua Pemeriksaan Kesehatan, Rahmad-Thohari Jalani Tes Psikologi

0
128

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Hari kedua pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 9 Desember mendatang, kembali dijalani Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz, Selasa (15/09/2020).

Jika hari pertama dilaksanakan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, kali ini pemeriksaan kesehatan dengan fokus pada psikotes digelar di Gedung Gabungan Dinas Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menjelaskan, pemeriksaan yang kedua ini juga masih rangkaian pemeriksaan pertama secara komulatif yaitu pemeriksaan jasmani dan rohani.

“Masalah tempat, kenapa kok berbeda dengan yang kemarin. Nah ini atas permintaan tim pemeriksa. KPU sendiri hanya menyesuaikan saja, mengikuti apa yang menjadi permintaan tim pemeriksa yakni dari HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Kalimantan Timur,” kata Noor Thoha didampingi Komisioner KPU Balikpapan Mega Feriani Fery, dan Komisioner Bawaslu Balikpapan Ahmadi Aziz.

Jadwal hari ini, tambah Noor Thoha, pada pukul 08.30 Wita sampai pukul 12.00 Wita dilaksanakan tes tertulis, kemudian istirahat sebentar, dan dilanjutkan pemeriksaannya 2 sampai 3 jam ke depan. Pemeriksaan itu meliputi tes tertulis dan tes wawancara atau tidak tertulis.

“Pemeriksaan rohani itu memang lengkap. Ada pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh yang dites. Itu banyak sekali pertanyaannya,” jelasnya.

Setelah ini, ujar Noor Thoha, KPU akan memeriksa kelengkapan administrasi atau syarat administrasi calon. Nanti akan dilakukan verifikasi terkait dokumen-dokumennya. Dalam verifikasi dokumen tersebut, pihaknya berharap sebelum 22 September 2020 semuanya sudah selesai.

“Maksimal sebelum tanggal 22 sudah harus selesai. Pada 22 September itu kita plenokan, 23 kita tetapkan,” tutup Noor Thoha.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here