Tes Psikologi Tertulis, Rahmad-Thohari Jawab 270 Pertanyaan

0
207

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 270 pertanyaan pada tes psikologi diikuti bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan di Gedung Gabungan Dinas Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (15/09/2020).

“Untuk tes psikologi tertulis saya disodorkan sekitar 270 pertanyaan. Ke-270 pertanyaan itu dikemas dalam pertanyaan pilihan, essay dan menggambar,” kata Rahmad Mas’ud, bakal balon Wali Kota Balikpapan didampingi Thohari Aziz selaku bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan, usai tes.

Rahmad mengaku, tidak ada kendala berarti dalam menjawab semua pertanyaan. Pasalnya, semua pertanyaan yang diajukan dalam tes psikologi tersebut berangkat dari kehidupan sehari- hari.

“Namun ada sejumlah pertanyaan yang simpel tapi sulit jawabannya. Yah kita jawab semampu kita, ngalir aja karena ini kan untuk menguji kemampuan kita,” terangnya.

Dirinya juga mengaku optimistis bisa lolos dalam tes psikologi dalam pemeriksaan kesehatan seperti yang disyaratkan oleh KPU Balikpapan dalam rangka melengkapi salah satu persyaratan bakal calon untuk maju dalam Pilkada Balikpapan 9 Desember mendatang.

Menurut Rahmad, dirinya juga mengaku bisa menjalankan seluruh rangkaian tes psikologi dengan lancar, mulai tes tertulis, hingga sesi terakhir berupa btea wawancara yang dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kaltim.

“Asyik saja wawancaranya. Sampai keasyikan, mereka ingin mengetahui dan mendengar semua apa yang menjadi program, visi dan misi maju dalam Pilkada Balikpapan. Mereka juga menanyakan latar belakang ketertarikan dari pengusaha terjun ke dunia politik,” tukas Rahmad.

Hal senada juga diungkapkan bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan Thohari Aziz. Menurut Thohari, demikian dia disapa, dirinya tidak mengalami kendala selama menjalani rangkaian tes psikologi. Termasuk ketika menjalani tes psikologi tertulis berupa menggambar.

“Dalam tes tertulis tadi disuruh menggambar, tapi ditentukan gak boleh gambar ini. Terpaksa saya tadi buat pohon. Dari gambar itu nanti bisa terbaca karakter psikologi kita,” ujar Thohari yang juga Wakil Ketua DPRD dan Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan ini, sambil tersenyum.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here