Dua Surat Edaran Dikeluarkan Wali Kota, Rizal: Camat Lurah Tak Tegas Dikenai Sanksi

0
123

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dua surat edaran dikeluarkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam rangka penegakan dan penerapan protokol kesehatan di Kota Balikpapan, Kamis (19/11/2020).

Surat edaran tersebut, yang pertama dengan Nomor: 100/0662/Pem tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kota Balikpapan ditujukan kepada Camat dan Lurah menindaklanjuti interuksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia yang baru diterima kemarin (Rabu, red).

“Kepada Camat Lurah bersama tim Satgas kecamatan dan kelurahan, agar lebih proaktif lagi melakukan kegiatan pencegahan penularan COVID-19 di wilayahnya masing-masing,” kata Rizal Effendi saat jumpa pers update kasus COVID-19 di Posko COVID-19 Pemkot Balikpapan, Kamis (19/11/2020).

Camat Lurah bersama tim Satgas, tambah Rizal, diminta tidak ragu-ragu melakukan tindakan jika ada kegiatan-kegiatan kelompok masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Ancamannya bagi Camat Lurah yang tidak mampu bertindak tegas akan dilakukan penindakan sampai pada pembebasan tugas jabatan,” ungkap Rizal.

Kedua, menurut orang nomor satu di Kota Minyak ini, surat edaran Wali Kota Balikpapan dengan Nomor: 100/0663/Pem tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kota Balikpapan ditujukan kepada masyarakat yang isinya hampir sama, agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, dan melaksanakan kegiatan harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas COVID-19 dan surat tanda terima pelaporan dari kepolisian.

“Bagi yang melanggar protokol kesehatan, akan dikenakan sanksi dan tindakan tegas sampai pada penutupan/pemberhentian atau pembubaran kegiatan yang dilakukan,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here