by

Berkah Ramadhan, 11 Desa di Kubar Kini Dilistriki PLN

Kabargupas.com, KUTAI BARAT – PLN Kaltimra terus berupaya menggenjot laju rasio desa berlistik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Itu dibuktikan dengan benderangnya listrik PLN di pedesaan yang dirasakan warga Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur.

Secara simbolis, peresmian desa berlistrik ini dilakukan PLN melalui penyalaan kWh meter di rumah warga, Senin (12/04/2021).

Di Kecamatan Bongan, PLN hadir melistriki 11 desa dengan jumlah 1.800 warga telah terdata sebagai pelanggan PLN. Sebelas desa atau kampung yang dilistriki PLN itu meliputi Kampung Jambul Makmur, Muara Gusik, Jambuk, Bukit Harapan, Tanjung Sari, Resak Kampung, dan Penawai di Bongan, semula telah dilistriki PLN sejak 2019 dengan waktu operasi 12 jam. Kini, listrik disana sudah menyala 24 jam.

Sedangkan desa lainnya yakni Kampung Siram Jaya, Siram Makmur dan Muara Siram, serta satu kampung lainnya berada di Kecamatan Jempang, yakni Bekokong Makmur, sebelumnya belum berlistrik PLN, kini tak lagi gelap. Warga saat ini dapat melaksanakan aktivitasnya dengan nyaman karena listrik mereka telah menyala 24 jam.

Peresmian listrik Kecamatan Bongan dilakukan Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan didampingi Manager UP3 Samarinda, Ari Tirtaprawita, dan Manager UP2K Kaltim, Rahmatan.

Wakil Bupati Kubar, Edyanto mengapresiasi kerja PLN melistriki Bongan. Pasalnya, listrik merupakan kebutuhan yang didamba warga sejak lama

“Terima kasih PLN karena telah mewujudkan harapan warga Bongan sehingga mereka bisa menikmati aliran listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Harapan saya, desa-desa lain yang belum terang bisa segera dilistriki PLN,” kata Edyanto.

Listrik PLN Juga Dinikmati Warga Desa Muara Aloh

Bersamaan diresmikannya listrik di Kecamatan Bongan, PLN juga meresmikan listrik untuk Desa Muara Aloh di Kabupaten Kutai Kartanegara. Disana, 259 warga telah menjadi pelanggan PLN dan masih terdapat potensi hingga 40 pelanggan.

Listrik untuk Desa Muara Aloh disuplai oleh PLTD Muara Aloh dengan beban puncak 94 kW dan daya mampu 176 kW.

Terpisah, General Manajer PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto, mengatakan, kerja PLN untuk membawa terang ke desa-desa di Kalimantan Timur belum usai. Hingga di penghujung 2021 nanti, PLN Kaltimra menargetkan untuk meresmikan 27 desa berlistrik di Kalimantan Timur. Hingga April 2021, sejumlah 823 desa dari 1.038 total desa di Kaltim telah dialiri listrik PLN

“Tantangan belum usai, masih ada daerah yang belum berlistrik PLN. Akan kami kawal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini sehingga di tahun 2024 nanti bisa terwujud seluruh desa berlistrik  PLN,” tutup Saleh.

Penulis: Ipon
Sumber: Humas PLN UIW Kaltimra

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed