by

Ketua DPRD Balikpapan Hadiri Karnaval Budaya Meriahkan APEKSI Ke-XVII

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Karnaval Budaya Nusantara dalam rangka memeriahkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVII tahun 2024, yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan di Balikpapan Sport and Convention Centre (BSCC Dome) Jalan Ruhui Rahayu I Balikpapan, pada Rabu (05/06/2024) malam, berlangsung meriah.

Selain dihadiri Wali Kota Surakarta yang juga Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, para pejabat dari perwakilan masing-masing daerah dan dibuka secara resmi oleh Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh dan istri, Yulianti Abdulloh.

Karnaval Budaya Nusantara yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan APEKSI ke-XVII yang dilaksanakan sejak 1-6 Juni 2024 serta Indonesia City Expo ke-20 tahun 2024 ini adalah salah satu agenda yang sangat dinanti-nantikan bukan hanya seluruh Kepala Daerah dari penjuru tanah air, namun juga seluruh warga Balikpapan yang ingin menyaksikan parade akbar tersebut.

Bukan hanya Abdulloh, yang merupakan elite politik yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024, kegiatan ini juga disaksikan sekitar 5.000 pasang mata warga Balikpapan.

Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh mengatakan, parade seni dan budaya ini merupakan bagian untuk menyuarakan budaya nusantara terkhusus adat budaya Kota Balikpapan ke tingkat Nasional bahkan Internasional.

“Kegiatan karnaval budaya nusantara yang juga rangkaian dari Rakernas APEKSI ke-XVII 2024 bagian dari mempromosikan budaya Nusantara, khususnya Kota Balikpapan. Dan kita lihat tadi kontingen Kota Balikpapan tampil apik dan sangat memukau,” kata Abdulloh.

Abdulloh mengaku gembira atas antusiasme dan partisipasi dari sekira 98 delegasi Pemerintah Kota se-Indonesia dalam parade akbar ini.

Dia menambah, karnaval budaya ini merupakan bentuk apresiasi terhadap warisan budaya bangsa dan sebagai wadah untuk memperkuat persatuan dan kerja sama antar kota di Indonesia.

“Kegiatan APEKSI juga menjadi momentum penting untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni, dan budaya dari masing-masing kota. Dengan berbagi pengalaman dan kekayaan budaya,” tuturnya

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memperkuat sektor pariwisata di Indonesia terkhusus di Kota Balikpapan dan dapat meningkatkan pemahaman antar suku dan daerah masing-masing,” tutup Abdulloh.

Penulis: Poniran
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed