by

Diwarnai Ketegangan, Pemilihan Ketua RT 54 Karang Joang Berlangsung Sukses

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Warga Rukun Tetangga (RT) 54 Jalan Batu Ratna Kelurahan Karang Joang, menggelar pemilihan Ketua RT di Posyandu kompleks perumahan Pondok Joang Indah (PJI) Jalan Batu Ratna Kecamatan Balikpapan Utara, Minggu (06/06/2021).

Meski sempat diwarnai ketegangan antara panitia dan saksi salah satu calon karena adanya dugaan pemilih ganda, pelaksanaan pemilihan Ketua RT 54 yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat dan dihadiri Lurah Karang Joang Maryana, berlangsung sukses dan lancar.

Sebanyak 144 warga terdaftar sebagai pemilih di pemilihan Ketua RT 54 Karang Joang ini yang meliputi warga kompleks perumahan PJI dan perumahan Bumi Cempedak Asri (BCA) Balikpapan.

Dua warga menjadi kandidat Ketua RT 54 pada pemilihan yang diselenggarakan secara demokratis ini yakni Kardiono dengan nomor urut 1 yang juga sebagai calon ketua baru dan Sukadi yang tak lain ada petahana alias incumbent.

Sekretaris Panitia Pemilihan Heri Wahyono mengatakan, dikarenakan masa jabatan Ketua RT 54 periode 2019-2021 telah berakhir, maka pemilihan Ketua RT dilakukan hari ini dengan tetap menerapkan Prokes ketat guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona atau COVID-19.

“Karena masa jabatan Ketua RT 54 yang lama telah berakhir, maka dilakukan pemilihan Ketua RT 54 yang baru agar tidak terjadi kekosongan jabatan Ketua RT . Selain itu, pelayanan kepada masyarakat dan roda pemerintahan di lingkungan RT 54 tetap berjalan,” kata Heri Wahyono saat temui media ini usai kegiatan.

Menurut Heri, demikian dia disapa, ada dua kandidat yang maju dalam pemilihan Ketua RT 54 Karang Joang ini yakni Kardiono dan Sukadi. Kardiono adalah salah satu warga RT 54 yang maju untuk menjadi Ketua RT, sedangkan Sukadi merupakan petahana atau incumbent.

“Ada dua kandidat yang maju dalam pemilihan Ketua RT 54 yakni Kardiono dan Sukadi. Mereka bersaing untuk mendapatkan simpati dari sekitar 144 pemilih,” terang Heri.

Suasana pemilihan Ketua RT 54 di kompleks perumahan Pondok Joang Indah (PJI) Jalan Batu Ratna Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Barat, Minggu (06/06/2021).

Terkait ketegangan akibat adanya protes dari saksi salah satu calon yang terjadi saat pemilihan berlangsung, Heri menyebut jika hal itu adalah biasa. “Perbedaan pendapat dalam pemilihan Ketua RT merupakan hal biasa dan itu adalah proses demokrasi yang harus dijunjung tinggi setiap orang,” tandasnya.

Lurah Karang Joang Maryana menambahkan, kalau mengacu pada mekanisme pemilihan, jelas sudah sesuai dengan Perda Nomor 17 Tahun 2002 tentang Pembentukan Rukun Tetangga, mulai pembentukan panitia, musyawarah, penjaringan calon, sampai ke acara pemilihan.

“Harapan saya, semoga Ketua RT yang terpilih bisa memimpin atau melayani RT 54 dengan maksimal, serta dapat memajukan lingkungan RT 54 lebih baik lagi,” kata Maryana.

Pemilihan Ketua RT 54 Karang Joang Balikpapan Utara yang dilaksanakan di Posyandu kompleks perumahan Pondok Joang Indah ini mendapat perhatian dari warga. Adalah Suyoso Nantra, warga RT 54 perumahan BCA turut menyambut baik dilaksanakannya pemilihan Ketua RT 54 ini.

“Saya sebagai warga baru di perumahan BCA merasa bangga dan salut dengan sistem pemilihan Ketua RT 54 yang berlangsung secara demokrasi, walaupun perbedaan itu ada. Itu hal yang wajar,” kata Suyoso Nantra.

Ke depan, harap Suyoso, hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan RT yang demokrasinya sudah bagus harus bisa lebih ditingkatkan lagi. “Kepada yang menang saya ucapkan selamat, dan semoga dapat menjalankan amanahnya untuk melayani masyarakat. Kepada yang kalah, karena ini demokrasi, saya harapkan bisa menerima. Yang penting, Ketua RT 54 yang lama bisa mendukung program kerja Ketua RT 54 yang baru,” tambah Suyoso.

Diakhir pemilihan Kardiono keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 64 dan berhak memimpin RT 54 tiga tahun ke depan yakni 2021-2024 mengalahkan incumbent (Sukadi) yang memperoleh suara sebanyak 54 suara.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed