by

Mudahkan Pengguna Jasa, Bandara SAMS Sepinggan Buka Layanan GeNoSe C19

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebagai salah satu upaya dalam memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa untuk melengkapi persyaratan dokumen kesehatan untuk penerbangan, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mempersiapkan pelayanan tes kesehatan GeNoSe C19, Rabu (21/04/2021).

Dalam masa uji coba dan simulasi penggunaan GeNoSe C19 ini, rencananya siap diimplementasikan alias digunakan secara resmi pada Kamis (22/04/2021) besok.

Pelayanan tersebut berada di lantai 2 atau Mezzanine Floor Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan jam operasional pukul 08.00-15.00 WITA setiap harinya dengan biaya sebesar Rp 40.000. Hasil dari pemeriksaan melalui GeNoSe ini bisa diketahui sekitar 5-10 menit setelah pemeriksaan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono mengatakan, uji coba GeNoSe selama satu hari ini ditujukan kepada petugas Bandara SAMS Sepinggan dan komunitas bandara terlebih dulu. Harapannya, pada Kamis (22/04/2021) besok dapat memberikan layanan secara umum kepada calon penumpang.

‚ÄúDengan adanya pelayanan ini bisa menjadi alternatif tambahan yang diharapkan dapat memudahkan para calon penumpang melengkapi dokumen kesehatan untuk melakukan penerbangan melalui Bandara SAMS Sepinggan. Bukan berarti surat kesehatan Rapid Test Antigen tidak bisa dipergunakan namun tetap menjadi pilihan lainnya,” kata Barata saat ditemui wartawan.

Apabila ada calon penumpang yang teridentifikasi positif, tambah Barata, akan langsung diarahkan menuju ruang konsultasi. Dalam ruangan tersebut akan disampaikan apa penyebabnya, setelah itu bisa dilakukan uji ulang atau melaksanakan test kesehatan lainnya.

“Hasil positif juga dapat terjadi jika calon penumpang tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan sebelum melakukan test,” tutup Barata.

Sebagai informasi, layanan Rapid Test Antigen dan Antibody juga tersedia di lantai 2 Bandara BUSANA Sepinggan Balikpapan pada Senin-Kamis pukul 07.00-15.00 WITA, Jumat pukul 07.00-15.00 WITA dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-15.00 WITA.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed