by

Safari Ramadan Wali Kota Balikpapan Dirangkai Peringatan Nuzulul Qur’an

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Safari Ramadan 1442 Hijriyah kembali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (28/04/2021) malam tadi.

Kali ini, Safari Ramadan yang dirangkai dengan peringatan Nuzulul Qur’an digelar di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center (BIC) dihadiri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, menghadirkan penceramah KH. M. Jailani Mawardi.

Safari Ramadan kali ini diawali dengan salat Isya berjamaah, dilanjutkan dengan salat Tarawih berjamaah. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Lalu penyerahan souvernir berupa 1 unit vacum cleaner, perlengkapan salat serta lainnya. Usai penyerahan souvernir, peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan sebagai acara penutup Safari Ramadan malam tadi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, Pemkot Balikpapan kembali melaksanakan Safari Ramadan yang dirangkai dengan peringatan Nuzulul Qur’an.

“Alhamdulillah, hingga saat ini kita masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan yang hari ini memasuki hari ke-16, yang setiap tahunnya kita peringati sebagai Nuzulul Qur’an atau pertama kali turunnya Al Qur’an ke dunia,” kata Rizal.

Melalui peringatan Nuzulul Qur’an, tambah Rizal, pihaknya meminta masyarakat untuk teguhkan komitmen menjalankan tugas sebagai manusia, yaitu untuk menciptakan kebaikan dan tidak membuat kerusakan di muka bumi sebagaimana yang dituntunkan dalam ayat-ayat Qur’an.

“Tugas kita adalah membangun tatanan sosial yang rukun, tatanan sosial yang damai serta Yang meningkatkan kesejahteraan yang dirasakan oleh semua kalangan. Hikmah lain dari Nuzulul Quran adalah berusaha meneladani Rasulullah SAW yang berhasil menyatukan perbedaan di antara umatnya, tidak dengan kekerasan, tidak dengan paksaan, tidak dengan kebencian tapi melalui ajaran cinta kasih dan saling menghargai,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Minyak ini juga kembali mengingatkan masyarakat, khususnya jamaah yang hadir dalam Safari Ramadan ini, untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Sekali lagi, saya ingatkan kepada seluruh masyarakat Balikpapan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19,” tutup Rizal.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed