by

Bandara Sepinggan Buka Posko, Barata: Selama Pengetatan Tidak Ada Extra Flight

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Menjelang periode Pembatasan 6-17 Mei 2021, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, melakukan Pembukaan Posko Pengendalian Transportasi Udara Lebaran 1442 H.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono menjelaskan, trafik penumpang dalam rangka mudik Lebaran, sesuai Surat Edaran dari Gugus Tugas maupun dari Kementerian Perhubungan, ada 2 periode yakni periode Pengetatan dan periode Pembatasan.

“Periode Pengetatan, dimulai dari tanggal 22 April sampai 5 Mei 2021 hari ini. Dan periode Pembatasan yaitu di tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang. Kemudian ada periode Pengetatan lagi yang pasca, yaitu pada 18 sampai 24 Mei 2021,” kata Barata saat ditemui wartawan usai memimpin upacara Pembukaan Posko Pengendalian Transportasi Udara Lebaran 1442 H, di halaman Kantor Gedung Administrasi Angkasa Pura I Balikpapan, Rabu (05/05/2021).

Selama 2 periode ini, terang Barata, berdasarkan data statistik yang ada, terjadi peningkatan di periode Pengetatan, mulai 22-30 April 2021, kemudian 1-4 Mei 2021 dan puncaknya pada 5 Mei 2021 hari ini.

“Kemarin mencatat, puncak arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan rata-rata penumpang di tanggal 4 kemarin sebanyak 11.500 an penumpang. Kurang lebih 6.500 an penumpang berangkat keluar dari Balikpapan,” jelasnya.

Selebihnya, ungkap Barata, adalah penumpang transit dan penumpang kedatangan. Untuk 5 Mei hari ini pihaknya belum melakukan rekapitulasi jumlah penumpang, namun, sepertinya ada peningkatan yang cukup signifikan.

Peningkatan persentase tersebut, tukas Barata, rata-rata normalnya di situasi pandemi atau di luar arus mudik ini, rata-rata diangka 70 ribu penumpang. Dan ini terus bergerak naik dan puncaknya berada di 11.500 an penumpangan atau sekitar 50 persen.

“Selama periode Pengetatan, tidak ada extra flight. Bahkan di periode Pembatasan di tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang, bahkan terjadi pengurangan penerbangan,” katanya.

“Data yang kami terima dari pihak maskapai, yakni Lion Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air), selama periode Pembatasan tanggal 6-17 Mei 2021, no operation atau tidak beroperasi,” tandasnya.

Barata menjelaskan, Lion Group di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan paling banyak dan mayoritas atau mendominasi sebagai maskapai penerbangan yang melayani penumpang dari dan ke Balikpapan.

Sedangkan maskapai lain seperti Citylink, itu hanya tersisa dua penerbangan, satu ke Makassar, dan satu lagi ke Surabaya. Untuk penerbangan Garuda Indonesia, masih ada 2 flight ke Jakarta setiap hari.

“Selain itu tidak ada lagi penumpang. Kalau angkutan logistik berjalan normal,  angkutan cargo normal. Tidak ada pengurangan. Untuk operasional Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama larangan mudik serta mempertimbangkan masa pandemi jam operasional bandara disesuaikan. Yang tadinya pukul 06.00-18.00 WITA, selama pandemi, untuk khusus 6-17 Mei, kini disesuaikan pukul 08.00-18.00 WITA,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed