by

Berdayakan Siswa Sekolah Binaan, Transkon Rekrut Mekanik Perempuan

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tak hanya fokus pada penyewaan kendaraan, PT. Transkon Jaya Tbk juga berinovasi dengan melakukan perekrutan bagi mekanik perempuan. Tahun ini, sebanyak 5 – 6 mekanik perempuan dari sekolah binaan direkrut dan telah dipekerjakan di bengkel Transkon Jaya seperti mekanik pria pada umumnya.

Direktur Pemasaran PT Transkon Jaya Kayin Fauzi mengatakan, selama ini konotasi orang mekanik itu adalah laki-laki atau pria, Transkon Jaya sudah ikut berpatisipasi, emansipasi, dengan merekrut siswa-siswa kejuruan dari sekolah binaan yang sudah lulus.

“Dan ternyata ada yang wanita, akhirnya kita ajak untuk bekerja di Transkon. Selama ini mereka tidak kalah dengan yang laki-laki. Bahkan, kecenderungan kalau perempuan itu konotasinya lebih teliti. Itu dari sisi gendernya,” kata Kayin Fauzi ditemui kabargupas.com usai menyampaikan paparan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa dan Paparan Publik Transkon Jaya di Hotel Jatra Balikpapan, Kamis (30/06/2022).

Jadi, tambah Kayin, sekarang lumayan. Selain mekanik, Transkon juga sedang melakukan perekrutan bagi welder perempuan. Program ini tentu sangat luar biasa bagi Transkon. Paling tidak, Transkon dalam perekrutan tenaga mekanik maupun welder tidak membeda-bedakan gender.

“Apa yang bisa dikerjakan oleh semua orang, ya Transkon tampung, termasuk perempuan. Mekanik perempuan yang direkrut oleh Transkon. Sekarang ada di lapangan sekitar 5 – 6 orang. Jumlahnya segitu karena baru tahun ini Transkon memberdayakan atau menerima mekanik perempuan,” jelas Kayin.

Ke depan, lanjut Kayin, perekrutan mekanik dan welder perempuan akan lebih banyak lagi, sebagai upaya mengikuti program pemberdayaan perempuan. Jadi ke depan, perekrutan mekanik dan welder perempuan akan ditingkatkan.

Dia menambahkan, sistem perekrutan mekanik perempuan ini, awalnya dilaksanakan bekerja sama dengan pihak sekolah. Kemudian, anak-anak sekolah sistemnya magang, yang magang dan sudah lulus dari keilmuannya oleh Transkon di kirim ke BLK (Balai Latihan Kerja).

“Setelah mereka lulus, langsung gabung di kita, masuk di Transkon untuk praktek bekerja. Namun, mereka tetap disaring karena Transkon mencari mekanik perempuan yang berkualitas, yang bagus, kemudian yang mau bekerja. Seperti rekrutmen mekanik normal, atau welder normal, tapi ini dari sisi gendernya wanita,” tandasnya.

“Siswa yang direkrut Transkon menjadi tenaga mekanik perempuan adalah siswa dari sejumlah sekolah di Balikpapan, yang sekolah binaan Transkon, diantaranya SMKN 5 Balikpapan dan SMK Bina Prestasi Balikpapan,” tutupnya.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa dan Paparan Publik PT. Transkon Jaya yang dilaksanakan di Hotel Jatra Balikpapan berlangsung tertib dan lancar dihadiri oleh Komisaris Independen Hesthi Sambodo, Komisaris Utama Juliana Theresia Jie, Sekretaris Perusahaan Alexander Syauta, serta staf PT Transkon Jaya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed