by

Besok, Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Seksi 1 dan 5

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang ke Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur, dalam rangka peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal 1000 orang di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Jalan Ruhui Rahayu I Balikpapan Selatan, Selasa (24/08/2021) besok.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di BSCC atau Dome Balikpapan, Jokowi juga akan meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan seksi 5.

Namun, sebelumnya akan dilaksanakan pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Gubernur, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Wali Kota/Bupati se-Kaltim secara virtual di aula Pemkot Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman.

Menyambut rencana kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, sejumlah persiapan dilakukan Pemkot Balikpapan, salah satunya dengan mempersiapkan lokasi acara pengarahan Jokowi kepada Gubernur, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Wali Kota/Bupati se-Kaltim secara virtual.

Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud SE mengatakan, dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Balikpapan, Pemkot Balikpapan telah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai tempat acara serta lainnya.

“Ada perubahan, informannya Presiden Jokowi akan turun di Samarinda. Tapi itu masih tentatif. Kita juga mempersiapkan di Balikpapan, karena awalnya tadi, kita dapat info Jumat kemarin, Presiden dan rombongan akan melakukan pertemuan di Balikpapan dengan seluruh kepala daerah se-Kaltim, di aula Pemkot Balikpapan makanya kita renovasi ini ruangan,” kata Rahmad Mas’ud saat ditemui wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (23/08/2021).

Tapi setelah malam Ahad (Minggu) ada perubahan, terang Rahmad, bahwa rombongan. Dirinya berpikir bahwa itu tidak ada masalah. Tapi, intinya kedatangan Presiden dan rombongan adalah untuk meresmikan Jalan Tol dan juga menyaksikan vaksinasi massal di Dome Balikpapan.

“Kita mempersiapkan saja. Istilahnya, kita siapkan fasilitas kita walaupun tidak dipakai dari pada mau pakai tapi fasilitas kita tidak siap. Lebih susah lagi kita kan. Makanya kita siapkan segala sesuatunya,” tukas Rahmad.

Terkait adanya persoalan masyarakat terkait belum dibayarnya lahan warga di lokasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepat di seksi 5 dan 1, Rahmad menjelaskan, jika persoalan tersebut sudah selesaikan oleh pemerintah yakni masalah kesepakatan kedua belah pihak.

“Yang jelas Pemkot Balikpapan sudah tidak ada masalah. Karena masalah pembebasan lahan (dana pembayaran) sudah dititipkan ke pengadilan. Silakan siapa yang punya hak, tentunya nanti pengadilan yang memutuskan. Tidak ada masalah lagi. Yang penting tugas Pemkot sudah memenuhi hak mereka dengan ganti rugi yang sudah kita siapkan,” katanya.

Rahmad juga menjelaskan, untuk pengamanan selama kegiatan peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, sudah dilaksanakan secara maksimal. Bahkan, pagi tadi sudah dilakukan gladi bersih peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 5 dan 1 tersebut.

“Pagi tadi sudah kita lakukan gladi bersih, Saya di Manggar. Di pintu tol tadi kita lakukan gladi bersih. Artinya, amanat dari Pak Kapolda Kaltim tadi sudah kita jalankan untuk mensukseskan rombongan Bapak Presiden dan suatu kehormatan Kepala Negara mengunjungi Balikpapan, yang Insya Allah juga akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur,” ujar Rahmad.

“Oleh karena itu, Saya berharap kepada seluruh masyarakat Balikpapan untuk saling menjaga kondusifitas Kota Balikpapan, keamanan, kenyamanan sehingga orang yang datang ke Balikpapan itu merasa aman dan nyaman. Dan jangan lupa, tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed