by

Buka Kejurnas Silat, Wali Kota Balikpapan Ajak Peserta Junjung Tinggi Sportivitas

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Memperingati HUT ke-127 Kota Balikpapan, Ikatan Pencak Silat (IPSI) Kota Balikpapan bersama Panitia Pelaksana HUT menyelenggarakan turnamen pencak silat dengan tema “Balikpapan 127 Th National Open Pencak Silat Championship” yang diadakan di BSCC Dome Balikpapan pada Rabu (21/02/2024).

Acara tersebut dibuka langsung Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dan diikuti sebanyak 1.156 atlet silat dari berbagai kota di tanah air, termasuk atlet silat tuan rumah yakni Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Disela-sela pembukaan, Rahmad mengajak para peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas, kebersamaan, dan silaturahmi dalam turnamen ini. Ia menegaskan, yang terpenting bukan hanya meraih gelar juara, tetapi juga menjadikan pencak silat sebagai sarana untuk membangun generasi yang sehat serta mempererat persatuan sebagai anak bangsa.

“Kita tidak sabar menanti para atlet kita berlaga. Dan saya berharap junjung tinggi sportifitas. Jangan terlalu dipikir siapa juaranya, namun harus terus berjuang untuk meraih hasil yang maksimal, karena dalam pencak silat ini bukan hanya mencari juara tapi menjadikan generasi generasi yang sehat dan menjalin kebersamaan serta sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar para atlet muda yang turut serta dalam turnamen ini dapat berprestasi tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional dan bahkan internasional, sehingga dapat menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara. Rahmad juga menginginkan kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahunnya.

Hal senada juga turut diungkapkan Sekretaris Jenderal IPSI Pusat, Teddy Suratmadji, yang berharap agar turnamen ini tidak hanya berskala nasional, tetapi juga internasional, terutama mengingat Balikpapan telah menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia Timur (IKN).

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan ini oleh IPSI Kota Balikpapan,” kata Teddy.

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Balikpapan, Muhaimin menjelaskan, kegiatan ini merupakan ajang tingkat nasional yang diikuti oleh peserta dari luar Kaltim.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencetak atlet yang mampu bersaing di tingkat nasional dan bahkan menjadi barometer pencak silat di Indonesia,” ujar Muhaimin.

“Mari-bersama-sama di setiap perguruan pencak silat untuk dapat memberikan pembinaan sejak dini agar dapat melahirkan atlet-atlet handal yang dapat membanggakan Balikpapan,” tutupnya.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed