by

Cegah Covid-19, Pangdam VI Mulawarman Bagikan 3000 Masker

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 3000 masker dibagikan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto kepada masyarakat yang beraktivitas di Pasar Klandasan Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (31/01/2021).

Pangdam didampingi Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa serta pejabat utama Kodam VI Mulawarman membagikan masker kepada warga dan pedagang pasar dengan cara blusukan ke dalam pasar.

Pembagian ribuan masker oleh Pangdam VI Mulawarman bersama unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pemimpin Daerah) ini dalam rangka Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Pada Masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Wilayah Balikpapan tahap kedua.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, bersama Wali Kota Balikpapan, Kapolresta Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan dan tokoh masyarakat serta tokoh agama Kota Balikpapan, pagi ini sama-sama mengingatkan kembali bahwa Covid-19 masih ada.

“Kita harus bersama-sama agar penyebarannya tidak semakin banyak. Oleh karena itu, pagi ini kita sama-sama melaksanakan kegiatan dalam rangka mengimbau masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dan mendisiplinkan masyarakat,” kata Heri Wiranto.

Menurutnya, kalau tidak disiplin tentu akan menjadi permasalahan di kemudian hari, khususnya peningkatan Covid-19. Untuk itu, dilaksanakan pembagian masker dan rapid antigen secara acak di Pasar Klandasan Balikpapan ini untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Kami juga mengimbau masyarakat Balikpapan dan seluruh wilayah Kalimantan Timur, mari kita sama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan yakni melaksanakan 4M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak serta Menghindari Kerumunan, agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita cegah dan kita hentikan,” tukasnya

Sementara itu, Dandim 0905  Balikpapan yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa menjelaskan, pelaksanaan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di masa PPKM ini ditandai dengan kegiatan bagi-bagi masker dan rapid antigen secara acak bagi masyarakat yang dipusatkan di Pasar Klandasan Balikpapan.

“Kita ketahui di seluruh dunia, di Indonesia, juga termasuk di wilayah kita Kota Balikpapan saat ini, angka terkonfirmasi positif Covid-19 masih cukup tinggi,” kata Agung Sujarnawa.

Sehingga, tambah Agung Sujarnawa, melalui kegiatan ini masyarakat diingatkan kembali serta mengajak untuk selalu bersama-sama dan bersinergi untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 ini.

“Pagi hari ini kita juga membagikan 3000 masker kepada masyarakat. Kita juga melaksanakan Rapid Antigen di Pasar Klandasan ini secara acak supaya kita bisa mengetahui kondisi kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Mudah-mudahan, harap Agung Sujarnawa, kegiatan ini akan terus dilakukan. Besok (Senin, red) pihaknya akan dilaksanakan di wilayah Balikpapan Utara, kemudian berikutnya ke Balikpapan Barat, dan akan kembali ke Balikpapan Timur.

“Akan berputar terus selama 10 hari kita akan gencarkan secara masif di semua wilayah Kota Balikpapan dan mudah-mudahan ini sekali lagi akan mampu mengingatkan kita bersama untuk kita kembali peduli sehingga angka konfirmasi positif di Balikpapan akan bisa segera menurun,” tandasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed