by

Dukung Program UMKM, Bandara SAMS Sepinggan Resmikan Gerai Straat Mantau

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Guna mendukung program Pemerintah terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, meresmikan gerai baru, Jumat (10/12/2021).

Kali ini, salah satu UMKM Balikpapan yang diresmikan operasionalnya di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan adalah Straat Mantau. Gerai ini berlokasi di teras sekitar pintu masuk keberangkatan Bandara SAMS Sepinggan Jalan Marsma Iswahyudi Balikpapan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma mengatakan, ini adalah warna yang baru bagi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Karena pertama kali mendukung program UMKM masuk ke dalam Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Biasa, kalau bandara itu bicara mengenai masalah itu kan dilihat dari sisi produk yang baik, tetapi kita membantu UMKM Balikpapan. Apalagi itu produknya lokal, rasanya juga betul-betul khas Balikpapan. Itu yang kita usung untuk disajikan kepada masyarakat atau penumpang,” kata Rika.

Apalagi, tambah Rika, yang datang ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan bukan hanya masyarakat lokal, tetapi banyak masyarakat pendatang. Ini adalah salah satu yang disajikan kepada masyarakat, khususnya penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Melihat dari perkembangan bandara dengan penambahan gerai ini, terang Rika, tidak terlepas dari semakin meningkatnya jumlah penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pasca penerapan PPKM Level 3, baik kedatangan maupun keberangkatan.

Terkait masalah pandemi COVID-19, ujar Rika, semua sudah tahu bahwa UMKM di Balikpapan banyak yang sudah tidak sanggup lagi untuk melakukan kegiatan bisnis di sini.

“Nah sekarang ini, PPKM sudah mulai turun, semua orang juga sudah divaksin, prokes (protokol kesehatan) semakin terjaga dengan baik dan ekonomi sudah mulai tumbuh. Jadi bicara soal tenant di sini, itu sangat tepat waktunya,” terangnya.

Selain gerai Straat Mantau ini, ucap Rika, kalau bisa lebih banyak lagi yang masuk ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, karena ini bisa memberikan warna yang berbeda.

Untuk perkembangan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kata Rika, kalau melihat kesehariannya jumlah penumpang pesawat udara terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Pertama kali di bulan September, pergerakan penumpang itu masih 6.000an penumpang. Sekarang sudah alami kenaikan di 10.500an penumpang. Jadi, 5000an berangkat, 5000an datang. Ini sungguh luar biasa,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan dengan tidak diberlakukannya syarat-syarat yang terlalu berat buat penumpang, ya penumpang akan tertarik untuk datang dan mungkin juga pergi dari sini. Karena apa, karena mereka juga masih butuh hiburan, dan segala macam,” tandas Rika.

Sementara itu, Owner Straat Mantau, Khairul Anam mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Angkasa Pura I Balikpapan, dalam hal ini Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan karena telah memberikan kesempatan membuka gerai di area bandara sebagai salah satu pelayanan kepada masyarakat, khususnya penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Kami sangat berterima kasih sekali karena sudah diberikan kesempatan membuka gerai Straat Mantau di area Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Semoga kerja sama ini dapat berjalan lancar dan maksimal serta dapat membantu para penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, khususnya dalam mendapatkan oleh-oleh khas Balikpapan,” kata Arul, sapaan akrab Khairul Anam.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed