by

Formak Akan Laporkan Dinas PU dan Kontraktor Proyek DAS Ampal ke DPRD, Ada Apa?

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formak) Indonesia mendatangi lokasi pekerjaan proyek Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal di kawasan Global Sport Jalan MT Haryono Balikpapan, Sabtu (17/09/2022), sekira pukul 15.00 WITA.

Selain mendatangi lokasi proyek, Formak Indonesia juga menyambangi Kantor PT F, yakni salah satu kontraktor pemenang tender proyek DAS Ampal yang nilainya mencapai Rp 136 miliar.

Proyek ini masuk dalam visi misi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud untuk pengendalian banjir di Kota Beriman.

Ketua Umum Formak Indonesia Jerico Noldi mengatakan, saat pihaknya melakukan peninjauan di lokasi proyek, ada pengakuan sejumlah pekerja yang berasal dari luar Balikpapan, bahwa telah bekerja 3 Minggu lamanya namun belum ada pembayaran. Padahal, perjanjiannya per 2 Minggu mereka dibayar.

Selain masalah gaji para pekerja (tukang), Formak Indonesia juga mendapat konfirmasi bahwa proyek ini pada awalnya kerja sama dengan pihak investor.

“Belakangan investor menarik diri karena pihak PT F tidak komitmen masalah pembayaran dan otomatis semua alat berat yang dibeli oleh investor (ada 5 truk dan 2 alat berat) akan ditarik keluar lokasi,” kata Jerico.

Formak Indonesia, tambah Jerico, saat berada di lapangan melihat belum ada alat berat dan material yang berada di lokasi sehingga memunculkan dugaan pekerjaan ini akan molor dari waktu yang ditentukan dan tidak tercapai progres.

“Kami juga mendapatkan informasi bahwa uang muka atau DP dari Dinas PU (Pekerjaan Umum) Balikpapan sebesar Rp 18 miliar, telah cair,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Jerico, pada Senin 19 September 2022, Formak Indonesia akan menyurati DPRD untuk segera memanggil Wali Kota dan Dinas PU serta kontraktor guna menanyakan secara langsung temuan-temuan yang disampaikan oleh Formak Indonesia di lapangan.

“Ini sebagai kontrol masyarakat terhadap pembangunan yang dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Dan bila mana ada dugaan unsur KKN, maka Formak akan melaporkan langsung ke KPK,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed