by

Gangguan, Pendaftaran Vaksinasi Bagi Masyarakat Umum Online Ditunda

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Warga Balikpapan yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta vaksinasi COVID-19 melalui kategori umum yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui aplikasi www.vaksinasi.balikpapan.go.id/umum, dibuat kecewa, Kamis (22/07/2021).

Pasalnya, saat warga akan melakukan pendaftaran dan membuka situs resmi vaksinasi bagi warga Balikpapan secara online, ternyata tidak bisa dibuka. Padahal, pengumuman pembukaan pendaftaran vaksinasi kategori masyarakat umum ini sudah diposting ke media sosial (medsos) resmi milik Pemkot Balikpapan.

Akibatnya, banyak warga yang mengeluhkan terkendalanya pendaftaran vaksinasi kategori masyarakat umum ini. Bahkan, diantaranya mengaku kecewa karena sejak pengumuman pendaftaran dibuka pukul 09.00 WITA, sampai pukul 11.00 WITA tak juga bisa diakses. Di situs itu tertulis “situs ini tidak dapat dijangkau”.

“Sangat sangat kecewa sekali saya mas. Pengumuman pendaftaran dibukanya jam 9, sampaikan sekarang gak bisa dibuka. Ada apa ini, kok seperti dipermainkan kita,” kata Hendro, warga Jalan Soekarno Hatta Km 2  saat ditemui kabargupas.com.

Tak hanya Hendro, sejumlah warga lain juga menyampaikan kekecewaannya terhadap pelayanan vaksinasi COVID-19 kategori masyarakat umum ini. Mereka kecewa karena tidak bisa juga mengakses atau melakukan pendaftaran vaksinasi yang dibuka oleh Pemkot Balikpapan ini.

“Bagaimana mas. Kok sampai sekarang gak bisa dibuka ya. Ada gangguan atau bagaimana nih. Kabari kalau ada perkembangannya. Saya belum divaksin, jadi saya mau mendaftar,” kata Rasyid, saat menghubungi media ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan Sutadi mengatakan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas layanan pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat umum yang dibuka secara online melalui website vaksinasi.balikpapan.go.id/umum yang sedianya dibuka mulai pukul 09.00 WITA, namun hingga saat ini belum bisa dibuka.

“Mohon maaf kepada rekan-rekan media jangan berpikir negatif dulu. Terkait IT memang bisa cepat dan kadang-kadang bisa timbul masalah. Mungkin terkait jaringan internet yg tdk bisa mengakses data NIK (Nomor Induk Kependudukan) di Capil (Catatan Sipil),” kata Sutadi, saat memberikan klarifikasi kepada wartawan melalui WhatsApp Grup.

Dia menambahkan, akibat permasalahan ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, karena ada kendala jaringan internet yang akan mengakses data NIK di Capil.

“Maka pendaftaran hari ini kita tunda dan akan kami informasikan kepada msyarakat secara terbuka, sehingga teman tidak berpikir yang bukan-bukan. Tks,” tutup Sutadi.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed