by

Gowes Sekalian Pantau UMKM, Dandim 0905 Balikpapan Kunjungi Gifta Garden

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0905 Balikpapan yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa di masa pandemi Covid-19 melakukan pemantauan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (23/05/2021) pagi tadi.

Pemantauan pelaku UMKM ini dirangkai dengan kegiatan olahraga bersepeda bersama alias gowes sebagai upaya meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh.

Salah satu lokasi yang menjadi perhatian adalah lokasi wisata edukasi alam Gifta Garden milik Rudi Setiawan di kawasan Kilometer 23 Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Bersama komunitas gowes KMC (Kodim Mitra Cycling) Kota Balikpapan, didampingi Kasdim 0905 Balikpapan beserta para Danramil se-Balikpapan, Dandim melakukan gowes sejauh puluhan kilometer, yang mengambil start dari Rumah Dinas Dandim 0905 dan finis di Gifta Garden.

Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa (kiri) menunjukkan sepeda kesayangannya usai gowes saat tiba di Gifta Garden, Minggu (23/05/2021).

Saat tiba di Gifta Garden, rombongan Dandim 0905 Balikpapan disambut Rudi Setiawan yang tak lain adalah owner Restauran Kepiting Dandito bersama istri dan sejumlah karyawan restoran di lamin Gifta Garden.

Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa mengatakan, tujuan gowes yang dilaksanakan pagi ini, yang pertama tentu ingin sehat dengan bersepeda untuk menjaga imun. Kemudian, yang kedua ingin melihat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Balikpapan, salah satunya Gifta Garden di Kilometer 23 Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

“Bagaimana kita di tengah pandemi UMKM kita juga tumbuh, yakni masyarakat juga harus produktif, karena bagaimanapun itu harus kita sinergikan antara penanganan kesehatan dengan pertumbuhan ekonomi. Dan kegiatan ekonomi harus kita jaga,” kata Dandim.

Nah, tambah Dandim, tadi sudah dilihat bagaimana penerapan protokol kesehatannya, seperti tempat cuci tangan, jaga jarak (tempat duduknya), serta lainnya ini benar-benar sudah diterapkan dan sudah sangat bagus.

Rombongan Dandim 0905 Balikpapan foto bareng saat berada di Gifta Garden usai gowes didampingi pemilik Gifta Garden, Rudi Setiawan (kaus hitam tengah).

“Jadi, kita sehatnya dapat, karena berolah raga untuk menjaga imun kita, kemudian melihat UMKM kota juga bisa. Di Gifta Garden ini kan tempat wisata alam terbuka, jadi saya kira tempat wisata yang sehat dan bisa dilakukan bersama keluarga,” tambah Dandim.

“Ke sini bisa menghirup udara yang segar, tidak berkerumun juga karena lokasinya luas, ada beragam macam tanaman buah dan sayuran, serta lainnya. Jadi bisa membuat kita juga fresh. Kalau fresh, imun kita juga bagus,” tukasnya.

Sementara itu, pemilik Gifta Garden Rudi Setiawan merasa tersanjung mendapat kunjungan yang dilakukan Dandim 0905 Balikpapan dalam kegiatan gowes yang dirangkai dengan pemantauan pelaku UMKM di Balikpapan, utamanya di wilayah Balikpapan Utara.

“Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami mendapat kunjungan dari Dandim 0905 Balikpapan berserta jajaran pada kegiatan gowes serta pemantauan pelaku UMKM, utamanya penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” kata Rudi.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed