by

Ikan Asin Biawan Pedas, Pedasnya Menggoda Selera

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Bagi masyarakat Kalimantan, khususnya suku Banjar, pasti tidak lupa dengan masakan yang satu ini yakni Ikan Asin Biawan Pedas.

Namun, bagi pencinta masakan Nusantara tentu ada yang belum mengenal masakan khas salah satu daerah di Borneo ini. Selain rasanya yang lezat, rasa pedas juga menjadi sensasi tersendiri bagi yang menikmatinya. Hemmm, lihat gambarnya saja sudah ngiler, apalagi menyantapnya dengan nasi putih hangat. Dijamin dech bisa nambah berkali-kali. Mau tahu proses pembuatan, yuk simak liputan lengkapnya.

Di tangan Bunda Dita (41), ikan Biawan atau yang lebih dikenal dengan nama Ikan Sepat, jika diolah dengan benar akan menjadi masakan yang lezat nan nikmat.

“Pertama-tama yang harus disiapkan adalah 6 ekor ikan Biawan alias ikan Sepat yang sudah diasinkan. Lalu dicuci bersih, ditiriskan dan digoreng. Jangan terlalu kering, lalu tiriskan,” kata Bunda Dita saat ditemui kabargupas.com di kediamannya Jalan Telogorejo Kelurahan Telagasari, Balikpapan, Minggu (29/08/2021).

Rajang bawang merah dan bawang putih, cabe, tomat kemudian ditumis dengan minyak goreng secukupnya. Setengah layu, dimasukkan ikan asinnya. Diberi air sedikit untuk melarutkan gula, garam dan penyedap rasa.

“Kurang lebih 15 menit, Ikan Asin Biawan Pedas siap disajikan. Paling enak disantap dengan nasi putih hangat,” ungkapnya.

Menurut Bunda Dita, proses membuat masakan Ikan Asin Biawan Pedas yakni mulai penyiapan hingga penyajian diperkirakan memakan waktu kurang lebih 25 menit.

“Masakan ini adalah menu favorit keluarga kami. Dibuat dikala santai dan saat keluarga besar berkumpul,” ujar Bunda Dita.

Sayangnya, Bunda Dita menjelaskan, Ikan Asin Biawan Pedas yang dibuat hanya untuk dikonsumsi sendiri, tidak untuk dijual. Namun, jika ada pecinta masakan Nusantara yang ingin belajar membuat masakan ini, Bunda Dita siap membagikan ilmunya.

“Sementara ini menu Ikan Asin Biawan Pedas hanya untuk dikonsumsi sendiri. Kami belum berniat untuk menjualnya,” pungkasnya.

Ikan Asin Biawan Pedas

Bahan-bahan:

Bawang Merah 7 siung
Bawang Putih 3 siung
Tomat 2 buah (ukuran sedang)
Ikan asin biawan (sepat)
Cabe secukupnya (sesuai selera)
Gula, garam, dan penyedap rasa.

Ikan asin dicuci, ditiriskan dan digoreng dengan kondisi api tidak besar, jangan terlalu kering, kemudian ditiriskan.

Rajang bawang merah dan bawang putih, cabe, tomat kemudian ditumis dengan minyak goreng secukupnya. Setengah layu, dimasukkan ikan asinnya. Diberi air sedikit untuk melarutkan gula, garam dan penyedap rasa. Kurang lebih 15 menit, Ikan Asin Biawan Pedas siap disajikan.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed