by

Jalan Tol Balsam Diresmikan Presiden, Budiono: Tingkatkan Ekonomi Balikpapan

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Diresmikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yakni Ruas Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mendapat tanggapan positif dari DPRD Balikpapan.

Dengan beroperasinya dua seksi terakhir tersebut, maka jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut akan beroperasi secara penuh.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, dengan diresmikannya Jalan Tol Balsam Seksi 1 dan 5 diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Balikpapan.

“Diresmikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5, tepatnya di pintu gerbang Tol Manggar oleh Bapak Presiden Joko Widodo diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kaltim, khususnya distribusi ekonomi Kota Balikpapan,” kata Budiono saat dihubungi media ini, Selasa (24/08/2021) malam tadi.

Selain itu, tambah Budiono, dengan diresmikannya Seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balsam ini dapat meningkatkan kelancaran distribusi berbagai kebutuhan ekonomi masyarakat, Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Kota Balikpapan dan Samarinda.

Apalagi, ujar politisi PDI Perjuangan Balikpapan ini, Jalan Tol Balsam yang diresmikan adalah jalan tol pertama yang ada di Kalimantan, tepatnya di Kaltim.

Lebih lanjut, terang Budiono, melalui jalan tol yang telah diresmikan itu arus barang semakin lancar, sehingga produksi yang mau masuk maupun keluar dari Balikpapan akan lebih mudah.

“Jadi, dengan adanya kelancaran itu menekan biaya dan waktu. Dengan adanya jalan tol ini, ekonomi bisa tumbuh di spot-spot yang selama ini belum ada kelancaran, baik arus lalu lintas maupun masih perlunya waktu yang panjang,” tukas Budiono.

“Ke depan dengan adanya tol ini, produk yang masuk di Balikpapan, yang saat ini perlu jarak waktu panjang untuk distribusi ke Kaltim, sekarang lebih cepat. Yang jelas, pasti ada multi efeknya, saya yakin ada multi efeknya,” pungkas Budiono.

Untuk diketahui, Jalan Tol Balsam terbagi menjadi 5 Seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km).

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed