by

Jelang Idulfitri, Pertamina Dukung Kelancaran BBM di Kalimantan

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Menjelang libur Idulfitri 1442 Hijriyah, Pertamina Refinery Unit (RU) Balikpapan mendukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kalimantan dan Indonesia bagian Timur.

Hal itu disampaikan General Manager RU Balikpapan Eko Sunarno melalui siaran resminya yang diterima Kabargupas.com, Senin (10/05/2021)

Menurut Eko Sunarno, kesiapan RU Balikpapan dilakukan dengan membentuk tim satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelancaran produksi dan penyaluran BBM & LPG menjelang dan pasca Idulfitri Tahun 2021.

“Tim yang dibentuk sudah bertugas H-14 hingga nanti H+14 Idulfitri tahun 2021,” kata Eko Sunarno.

Meski tahun ini Pemerintah telah mengeluarkan aturan larangan mudik, terang Eko, demikian dia disapa, Pertamina RU Balikpapan tetap berkoordinasi dan siap mendukung Pertamina MOR untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama di Kalimantan dan Indonesia bagian Timur.

“Koordinasi dengan Pertamina MOR yang bertugas mengantarkan BBM ke konsumen terus dilakukan secara intensif sehingga tugas Pertamina Group dapat dilaksanakan secara tuntas, mengolah dan memastikan BBM diterima konsumen,” imbuhnya.

“Pertamina juga mengikuti ketentuan dari Pemerintah untuk pekerja tidak mengambil cuti Idulfitri. Oleh karena itu, operasional kilang dipastikan akan berjalan seperti biasa,” tukas Eko.

Eko menjelaskan bahwa a

Ada 3 poin utama yang akan dipersiapkan dalam menghadapi libur Idulfitri ini. Pihaknya meminta tim untuk memastikan 3 hal utama tersebut yaitu kesediaan bahan baku berupa minyak mentah, selanjutnya kehandalan kilang serta yang terakhir memastikan bahwa BBM tersebut dapat terkirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran baik melalui jalur pipa maupun kapal.

Eko juga menyampaikan, operasional kilang saat ini berjalan normal dan tidak ada kendala termasuk fasilitas pendukungnya, sehingga produksi BBM tetap berjalan baik. Termasuk juga optimalisasi pekerja di kilang.

“Rata-rata pengolahan di bulan Mei ini dan diprediksi akan sama dengan bulan sebelumnya di angka 210 ribu barrel per hari,” jelasnya.

Dalam menjalankan tugas ini, Eko juga mengharapkan dukungan dari para pemangku kepentingan di masing-masing wilayah, baik di Kalimantan maupun di Indonesia bagian Timur.

“Dukungan sangat kami harapkan dari masyarakat di sekitar kilang, Pertamina Group, aparat keamanan, KSOP dan semua pihak yang terkait dengan operasional kilang,” harapnya.

“Semoga semua berjalan lancar dan kondusif. Bagi masyarakat yang merayakan Idulfitri dapat beraktivitas dengan lancar, tertib dan tetap taat protokol kesehatan. Mewakili perusahaan saya juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa dan sebentar lagi kita akan menyambut Idulfitri,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed