by

Koordinasi, Pertamina Imbau Warga Tak Nyalakan Kembang Api

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Langkah-langkah pengamanan dipersiapkan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya melakukan silaturahmi dengan Forum Pimpinan Kelurahan dan para ketua RT yang berbatasan langsung dengan operasional kilang di HSSE Demo Room Pertamina, Sabtu (11/12/2021).

“Koordinasi dan silaturahmi dalam menyambut libur Nataru merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan KPI Unit Balikpapan dalam mempersiapkan pengamanan serta mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam siaran resminya.

Chandra menjelaskan, kegiatan dilakukan dengan mengundang Forum Komunikasi Kelurahan di Ring I yaitu Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta para Ketua RT di wilayah Ring I. “Melalui forum ini kami berkomunikasi dan bertukar informasi terkait hal-hal yang kemungkinan berpotensi menjadi gangguan pada masa libur Nataru,” kata Chandra.

Walaupun Pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan aturan dimasa libur Nataru, serta mempertimbangkan kondisi pandemi yang telah jauh turun, Pertamina merasa perlu melakukan antisipasi meningkatnya aktivitas masyarakat yang akan merayakan Nataru.

“Kami berharap masyarakat mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Pemerintah Kota Balikpapan maupun aparat keamanan. Pandemi ini belum berakhir, dan kita tidak boleh lengah. Dengan tetap waspada, kita berharap pandemi akan benar-benar berlalu,” harap Chandra.

Dalam pertemuan ini, Pertamina juga menyampaikan beberapa rencana pengamanan dan koordinasi yang akan dilakukan Pertamina. Penyampaian rencana tersebut disampaikan oleh Section Head Security Nurhadi.

“Pengamanan akan dilakukan di dalam kilang dan luar kilang. Untuk pengamanan luar kilang ini kami sangat butuh dukungan dari masyarakat ring I,” kata Nurhadi.

Beberapa potensi yang harus diantisipasi diantaranya penggunaan kembang api, yakni melarang warga untuk tidak menyalakan kembang api saat merayakan Nataru. “Bersama-sama dengan aparat ring I, Pertamina akan memasang spanduk-spanduk imbauan. Spanduk imbauan untuk tidak bermain atau menyalakan kembang api tentunya kita akan sesuaikan dengan aturan yang ditetapkan pemerintah dan aparat keamanan,” jelas Nurhadi.

Selain itu, Nurhadi juga memaparkan tentang Implementasi Peraturan Kepolisian (Perpol) No. 7 tahun 2019 serta Kebijakan Pengamanan Perusahaan.

“Kolaborasi Pertamina dengan pemerintah Kelurahan Ring I dan juga masyarakat merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pengamanan perusahaan,” ujar Nurhadi.

Sementera itu, Wakasat Intelkam Polresta Balikpapan AKP Budiman menambahkan, perlunya kewaspadaan dalam menyambut libur Nataru juga harus dilakukan.

“Polresta Balikpapan dalam menyambut libur panjang ini juga melakukan upaya-upaya pengamanan untuk mengantisipasi gangguan dalam masa liburan natal dan tahun baru,” kata Budiman.

Dia juga mengajak semua pihak untuk tetap waspada dan berhati-hati terutama objek-objek vital nasional seperti Pertamina. “Mari bersama-sama mengantisipasi dan memonitor kegiatan-kegiatan yang kita sinyalir berpotensi mengganggu keamanan,” tutupnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed